Sabtu 04 Feb 2023 20:00 WIB

Penderita Diabetes Wajib Siapkan Ini Sebelum Bepergian Jauh

Cuaca ekstrem dapat berdampak buruk bagi kesehatan penyintas diabetes.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Hal yang wajib disiapkan penderita diabetes sebelum bepergian jauh. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Hal yang wajib disiapkan penderita diabetes sebelum bepergian jauh. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum berpergian, penderita diabetes perlu menyiapkan beberapa hal agar bisa menikmati liburan dengan nyaman. Meskipun liburan bisa membantu melepaskan penat, tetapi bagi penyintas diabetes ini bisa memengaruhi kesehatan mereka.

Oleh karena itu, jika Anda termasuk penyintas diabetes, perlu tahu beberapa tip seperti yang diberikan akar diabetes dan presiden lembaga riset untuk Studi Diabetes di India, dr BM Makkar. Simak tip-tipnya berikut seperti dikutip dari Health Shots, Sabtu (4/2/2023):

Baca Juga

1. Jadwalkan janji temu dengan dokter

Setelah selesai memesan tiket transportasi dan kamar hotel untuk liburan, Anda harus menjadwalkan janji temu dengan dokter. Ini harus dilakukan setidaknya sebulan sebelum perjalanan untuk mendapat penilaian kontrol glikemik yang diperbarui.

2. Bawa obat-obatan ekstra

Ketersediaan obat-obatan mungkin menjadi masalah di tempat yang Anda tuju. Jadi, penting untuk membawa daftar semua obat dengan nama generik dan dosisnya.

3. Tahu informasi tentang iklim dan kondisi lingkungan destinasi

Anda harus memiliki gambaran seperti apa iklim dan kondisi lingkungan tempat yang dituju. Cuaca ekstrem dapat berdampak buruk bagi kesehatan penyintas diabetes. Orang dengan diabetes sangat rentan terhadap kelelahan karena panas, paparan dingin, atau ulkus kaki.

4. Siapkan camilan sehat

Pilihan makanan untuk penderita diabetes mungkin terbatas selama perjalanan sehingga mengemas camilan sehat dalam tas jinjing dapat menjadi solusi. Beberapa yang termasuk camilan sehat adalah kacang almond, kenari, buah dan sayuran segar, telur rebus, dan lainnya.

5. Terapi pompa insulin

Jika menjalani terapi pompa insulin, hubungi perusahaan pembuatnya. Dr Makkar menyarankan untuk melepaskan pompa saat lepas landas atau mendarat karena perubahan tekanan kabin dapat menyebabkan pengiriman insulin berlebih.

6. Ambil asuransi kesehatan perjalanan

Dokumen medis sangat penting bagi penderita diabetes. Salah satunya adalah asuransi kesehatan perjalanan. Anda harus memiliki resep dokter, polis asuransi kesehatan, obat-obatan, dan resep.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement