Jumat 01 May 2015 17:45 WIB

Agar Bayi tak Tergelincir Saat Mandi, Perhatikan Ini

Gunakan tempat bersandar atau alasi bak dengan handuk agar bayi tidak tergelincir ketika dimandikan.
Foto: imgarcade
Gunakan tempat bersandar atau alasi bak dengan handuk agar bayi tidak tergelincir ketika dimandikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Memandikan bayi tidak semudah yang dipikirkan. Bagi ibu yang baru memiliki bayi sejumlah hal perlu diperhatikan.

Akan sangat membantu bila ada orang lain mendampingi Anda sampai Anda bisa memandikan bayi dengan baik karena sulit membuat si kecil tetap diam sementara Anda mengusapkan sabun dan lap mandi ke tubuhnya.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, sebelum Anda mulai memandikan si kecil, pastikan semua perlengkapan yang Anda perlukan sudah tersedia: sampo bayi atau pembersih, ditambah spons mandi kalau Anda menggunakannya. “Persiapan merupakan kunci penting, begitu memasukkan bayi ke dalam air, Anda tak boleh mengalihkan mata dan tangan Anda dari dia,” kata Dr. McCarthy.

Bak mandi bayi mudah digunakan, namun Anda perlu juga memandikan bayi di dalam bak cuci ketika Anda membersihkannya pertama kali. “Alasi dasar bak cuci atau bak mandi dengan handuk untuk mencegahnya tergelincir,” saran Molly O’Shea, MD, dokter anak di Troy, Michigan, dan isi bak mandi dengan satu atau dua inci air suam-suam kuku. Periksa temperatur air dengan pergelangan tangan Anda sebelum memasukkan si kecil secara perlahan ke dalam air, kaki terlebih dulu, sambil menopang kepala, leher dan punggungnya.

Bila anak terlihat kedinginan, gunakan gelas kecil untuk menyiram kulitnya atau letakkan lap mandi basah di atas dadanya untuk menjaga anak tetap merasa hangat.

Setetes body wash akan cukup untuk membersihkan seluruh tubuh bayi, termasuk kepalanya. Jika Anda menemukan kerak atau seperti sisik di kepalanya, itu mungkin cradle cap, suatu kondisi yang tidak menyakitkan dan terjadi karena kelebihan minyak kulit. Anda dapat menghilangkan kerak tersebut dengan lap mandi, sisir, atau sikat yang lembut. Menggosokkan sedikit minyak zaitun di area tersebut juga bisa membantu menghilangkannya, namun setelah itu basuh bagian tersebut dengan sampo bayi untuk menyingkirkan sisa-sisa kotoran.

Bila bayi Anda terlihat khawatir terhadap air, berbicaralah kepadanya dengan suara yang menenangkan dan gunakan tangan Anda–bukan lap mandi–untuk membahasi tubuhnya. Dia akan merasa tenang dengan sentuhan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement