Jumat 01 May 2015 18:02 WIB

Kapan Bayi Bisa Beralih Mandi ke Bak Besar?

Bayi bisa mulai pindah ke bak mandi yang lebih besar saat ia sudah bisa duduk sendiri.
Foto: pixgood
Bayi bisa mulai pindah ke bak mandi yang lebih besar saat ia sudah bisa duduk sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, Begitu bayi Anda dapat duduk sendiri (umumnya pada usia 7 sampai 9 bulan), alihkan tempat mandi ke bak yang besar. Isi dengan air sampai hanya sebatas menutup kaki anak dan selalu gunakan satu tangan Anda memegangnya untuk mencegah anak tergelincir dalam bak. Beri mainan perahu plastik sebagai hiburan.

Sebagian bayi kelihatannya enggan rambutnya dibasahi, maka tuangkan air secara perlahan melewati kepala dan lindungi matanya dengan tangan Anda menjaga agar busa tidak mengenai mata.

Coba tenangkan anak dengan lagi “Row, Row, Row, Your Boat” atau lagu favoritnya yang lain, atau masuk ke dalam bak bersamanya.  Jangan panik jika si kecil pipis atau pup dalam bak. “Urin steril, jadi tidak masalah meneruskan mandi,” kata Dr Molly O’Shea, MD, dokter anak di Troy, Michigan, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

“Anda perlu menguras bak mandi bila anak pup di dalamnya, tetapi bayi Anda tidak akan sakit selama tidak memasukkan kotoran itu ke dalam mulutnya.”

Dengan berbagai petunjuk ini dan beberapa kali praktik, rutinitas ini akan berhasil Anda lakukan. Begitu Anda bisa melakukannya,memandikan si kecil menjadi kegiatan yang asik dan menyenangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement