Jumat 17 Apr 2015 14:05 WIB

Chicken Mahonesa, Makanan Simpel dari Spanyol

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Membuat mayones sendiri tak terlalu sulit. Hanya membutuhkan campuran telur, cuka, dan minyak zaitun.
Foto: tastespotting
Membuat mayones sendiri tak terlalu sulit. Hanya membutuhkan campuran telur, cuka, dan minyak zaitun.

REPUBLIKA.CO.ID, Chicken Mahonesa merupakan makanan yang berbumbu khas Menorca Island, Spanyol. Masakan ini mudah untuk dimasak di rumah sebagai menu variasi keluarga.

Menurut  Ivan Tarrago, juru masak asal Spanyol yang memandu  demo masak di Spanish Pavillion Hall C-2 at Food and Hotel Indonesia JIEkspo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/4), Chicken Mahonesa berbumbu dasar mayones saja. Mayones menjadikan masakan ini tidak begitu sulit untuk dicoba dibuat sendiri.

Cara memasaknya bisa dimulai dengan membuat racikan mayones sendiri. Tidak perlu repot-repot membeli mayones pasar swalayan, hanya dengan telur, cuka, dan minyak zaitun, sudah dapat membuat mayones rumahan yang tidak kalah enak dengan produk di pasaran. Bahan lain yang diperlukan untuk memasak Chicken Mahonesa adalah ayam dan garam.

Bahan-bahan untuk meracik Chicken Mahonesa memang mudah ditemui dan pembuatannya pun tidak memakan waktu lama. Tertarik? Ini caranya.

Cukup campurkan telur, minyak zaitun, dan cuka. Aduk rata hingga mengental menjadi mayones. Kemudian masukan ayam ke dalam mayones, aduk hingga rata. Lanjut dengan memanaskan wajan dan tuang minyak zaitun, tunggu hingga sedikit panas baru tumis daging ayam beserta mayones. Beri sedikit garam dan cipratan minyak zaitun.

Setelah tercium bau harum dan daging ayam berubah warna menjadi putih tulang, berikan lagi sedikit minyak zaitun untuk menimbulkan bau harum. Setelah itu baru angkat masakan.

Chicken Mahonesa bisa dinikmati sebagai cemilan sehat dengan variasi sepotong roti yang menjadi alas dari Chicken Mahonesa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement