Sabtu 15 Jul 2023 16:24 WIB

Tak Cuma Dimakan, Bahan di Dapur Ini Bermanfaat untuk Bersihkan Rumah

Ada beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Mayones. Mayones menjadi salah satu bahan makanan yang juga bisa dijadikan untuk bersih-bersih rumah.
Foto: www.freepik.com
Mayones. Mayones menjadi salah satu bahan makanan yang juga bisa dijadikan untuk bersih-bersih rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahan makanan dan aneka bumbu tidak hanya bisa diolah menjadi aneka masakan. Ada juga beberapa yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah.

Menggunakan pembersih dari bumbu dan bahan makanan bisa lebih hemat dan ramah lingkungan. Berikut daftarnya seperti dikutip dari laman Inspire Dot, Jumat (14/7/2023):

Baca Juga

1. Kacang kenari

Media sosial Facebook dihebohkan dengan video seorang ibu membersihkan kayu dengan kacang kenari. Metode itu rupanya amat efektif. Sang ibu dengan mudah menghilangkan goresan yang tidak sedap dipandang di lantai kayunya akibat terkena lemari es yang dipindahkan suaminya.

 

2. Garam

Pakar kebersihan Melissa Maker adalah penggemar berat garam, yang disebut bisa membersihkan hampir semua hal. Mencampur garam meja dengan soda kue dapat membersihkan wastafel.

Tambahan setengah buah lemon dapat membersihkan talenan. Garam bisa juga digunakan untuk membersihkan kain atau karpet yang terkena tumpahan dan membersihkan wajan besi.

3. Mayones

Olesan sandwich yang enak ini bisa dipakai untuk membersihkan lantai. Manfaat lain yakni menghilangkan lecet dan goresan dari kayu dengan membiarkannya semalaman. Mayones juga dapat menghilangkan perekat yang mengganggu dari stiker dan label.

4. Air cucian beras

Untuk membersihkan berbagai permukaan kotor di dapur, pakai saja air cucian beras. Pakar kesehatan Sabrina Wange mengatakan banyak orang di Tiongkok masih menerapkannya hingga hari ini. "Daripada membuang-buang air yang digunakan untuk mencuci beras, lebih baik mengumpulkannya," ujar Wange.

5. Kulit kentang

Jangan buang kulit kentang saat mengupasnya, karena bisa dipakai untuk membersihkan cerobong asap. Caranya, keringkan kulit kentang di atas loyang sekitar satu atau dua hari. Lalu, lemparkan ke perapian dan biarkan terbakar. Secara alami, kulit kentang akan mendorong keluar jelaga dan kreosot berlebih.

6. Kulit pisang

Kulit pisang bagus untuk membersihkan tanaman hias, menurut ahli hortikultura Dave Williams. Bagi kolektor tanaman hias, pakai kulit pisang untuk menghilangkan berbagai debu dari tanaman. Ini adalah pilihan yang lebih baik daripada menyemprotnya dengan air karena dapat memicu munculnya jamur.

7. Bawang bombai

Bawang bombai tidak hanya enak di atas panggangan, tetapi juga bisa membersihkannya. Cukup bakar sisa makanan di atas panggangan dan kikislah bagian atas panggangan dengan bawang. Cara itu akan melarutkan sisa daging atau saus.

8. Saus tomat

Bumbu rumah tangga serbaguna lainnya adalah saus tomat. Karena sifatnya yang sangat asam karena kandungan tomat dan cuka, saus tomat jadi pilihan tepat untuk membersihkan karat dari barang-barang yang berbahan tembaga, perak, dan kuningan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement