Senin 19 Nov 2018 14:00 WIB

Mengenal Aquafaba, Air Rebusan Kacang yang Bermanfaat

Aquafaba lebih mudah dikocok daripada putih telur untuk membuat mayones.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Membuat mayones sendiri tak terlalu sulit. Hanya membutuhkan campuran telur, cuka, dan minyak zaitun.
Foto: tastespotting
Membuat mayones sendiri tak terlalu sulit. Hanya membutuhkan campuran telur, cuka, dan minyak zaitun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penemuan aquafaba adalah anugerah bagi orang-orang yang memilih gaya hidup vegan. Pemanfaatannya bisa digunakan selayaknya mayones hingga marshmallow.

Dilansir di The Guardian, aquafaba lebih mudah dikocok daripada putih telur untuk membuat mayones. Bisa juga digunakan untuk membuat meringues.

Baca Juga

Aquafaba merupakan air rebusan kacang chickpea atau garbanzo, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya. Secara alami, air ini penuh dengan protein dan saponin sehingga dapat diolah seperti putih telur.

Untuk membuat aquafaba kaya protein, rendam kacang-kacangan dalam air yang banyak selama semalam. Tiriskan, tuang dengan satu liter air segar per 200 gram kacang dan didihkan. Tunggu sampai mendidih, saring buih, lalu tutup dan masak selama satu hingga dua jam lagi sampai kacang lunak. Biarkan dingin, lalu masukan dalam lemari pendingin.

photo

Salah satu yang bisa digunakan dengan memanfaatkan aquafaba merupakan mayones. Tentu saja bahan tambahan makanan ini dihindari vegan sebab terbuat dari telur. Namun, dengan memanfaatkan aquafaba, maka ini aman dimakan.

Untuk membuat mayones vegan, sediakan air kacang 50 mililiter, satu sendok makan mustar, garam, lada hitam, minyak sekitar 200 mililiter, organik rapeseed, bunga matahari atau zaitun, dan satu sendok makan cuka. Cara memasaknya, masukkan air kacang, mustar, dan sedikit garam, dan lada ke dalam mangkuk yang bersih dan bebas minyak. Blender dengan pengocok tangan atau masukkan semuanya ke dalam blender sampai tercampur dan berbuih, lalu tuang ke dalam minyak dalam aliran yang sangat lambat dan terus-menerus hingga tekstur yang diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement