Selasa 17 Mar 2015 15:47 WIB

Tempat Asik untuk Batita Bermain (2-Habis)

Kebun binatang sentuh
Foto: wikipedia
Kebun binatang sentuh

REPUBLIKA.CO.ID, Tempat-tempat yang akan Anda kunjungi bersama si kecil yang berusia satu tahun bisa menghibur dan mendidik. Saat batita Anda mulai berjalan, kemampuan bergeraknya yang baru dikuasai dan rasa penasaran tanpa akhir membuat saat ini menjadi waktu ideal untuk meluaskan wawasannya.

“Memaparkan anak pada lingkungan yang berbeda akan mengenalkan dia pada sudut pandang dan suara baru, dimana ini akan merangsang perkembangan kognitif,” ujar Susan Goodwyn, PhD, psikolog perkembangan dan penulis Baby Minds: Brain-Building Games Your Baby Will Love. Selain itu, anak Anda yang menyukai hal rutin akan belajar menyesuaikan diri pada perubahan.

Ceklah tempat-tempat lokal bersahabat untuk batita ini, dan pelajarilah bagaimana memanfaatkannya dengan maksimal, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Tempat asik batita: Kebun binatang sentuh

Anak-anak usia ini terpesona dengan binatang, dan kebun binatang sentuh atau peternakan umum memberikan akses untuk berbagai bentuk, ukuran, bau, dan warna mahluk yang bisa mengasah indera batita Anda. Persiapkan si kecil untuk pergi keluar dengan membaca beberapa buku bergambar yang di dalamnya terdapat binatang yang mungkin dilihat saat berkunjung.

Anda juga harus berlatih cara mengelus anjing atau kucing untuk menunjukkannya cara melakukannya dengan lembut dan membantu dia merasa nyaman di dekat binatang.

Saat Anda ke kebun binatang, biarkan anak dengan tenang mendekati binatang. Jika dia terlihat cemas atau takut, jangan memaksanya. Lebih baik elus-eluslah binatang itu sendiri dan berikan dia beberapa menit untuk melihat apakah dia ingin bergabung dengan Anda. Sementara dia menyentuh binatang, Dr. Goodwyn menyarankan, aktifkanlah kemampuan kognitif dan bahasanya dengan melontarkan pertanyaan seperti “Biri-biri itu warnanya apa?” dan “Apa yang dikatakan oleh si sapi?”

Bantulah dia memahami konsep hubungan dengan membuat kontras ukuran bayi kambing dengan induknya. Atau ajarkan dia tentang tekstur dengan menunjukkannya betapa bulu biri-biri berbeda dengan surai kuda. Saat lain kali Anda menyanyikan “Old MacDonald”, gabungkan seluruh hewan yang dilihatnya ke dalam lagu.

Tempat asik batita: Perpustakaan

Tidak ada yang terlalu dini untuk membuat anak bersemangat membaca. Langkahkan kaki menuju bagian anak untuk memilih beberapa buku bersama. Dia akan lebih memerhatikan dan mengembangkan kosakatanya jika dia ikut terlibat dalam memilih apa yang Anda baca, Kempskie berujar. Cobalah berbagai jenis kisah, Anda mungkin tidak sengaja menemukan topik yang menarik minatnya yang tidak akan ditemukan di rumah.

Banyak perpustakaan lokal yang juga memberikan program gratis bagi anak-anak, seperti mendongeng dan pertunjukan boneka tangan. Pengaturan grup akan memberikan si kecil kesempatan mengusahakan kemampuan sosialnya. Sebelum Anda pergi, jangan lupa mengecek beberapa buku yang dengan semangat akan ditekuninya begitu sampai di rumah. Ta-da! Seorang yang hobi membaca sudah lahir!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement