Rabu 31 Jan 2018 10:55 WIB

Titi Kamal Sulit Keluar Rumah Sehabis Melahirkan

Memiliki bayi membuat Titi tak mudah mencari tempat yang nyaman.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Titi Kamal
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Titi Kamal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang sinetron dan film Titi Kamal mengaku sulit untuk keluar rumah usai melahirkan anak keduanya. Pasalnya ia kini harus mengurus bayi dan memberikan ASI lagi setelah dua tahun yang lalu melepas ASI untuk anak pertamanya.

"Sekarang kalau keluar rumah agak susah. Enggak gampang seperti dulu mau syuting di mana saja dan kapan saja. Kalau sekarang suami pun jadi sulit mau ke mana-mana, karena kalau dia pergi saya bilang jangan ke mana-mana," ujarnya kepada wartawan di Jakarta saat peluncuran Buba & Bump.

Setelah berhasil keluar rumah pun, Titi mengaku kesulitan mencari tempat untuk bercengkerama bersama bayi dan anak pertamanya Juna. Karena jika pergi ke mal, lalu bayinya menangis, orang langsung menoleh ke arahnya. Dan, ini membuatnya risih.

Ternyata hal ini tidak saja dialami oleh Titi. Tapi juga oleh ibu-ibu lainnya usai melahirkan. Hal ini dibenarkan oleh sebuah penelitian. Menurut pendiri Buba & Bump, Cynthia Larasanti, berdasarkan riset yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wanita zaman sekarang banyak mengalami kesulitan setelah melahirkan.

Yaitu, 52 persen dari wanita merasa kehilangan identitas diri setelah melahirkan, 55 persen mengakui bahwa mereka tidak terbiasa dengan fakta mereka sudah tidak bisa lagi keluar kapan saja, dan 24 persen menemukan bahwa menyusui adalah sebuah tantangan. Akan tetapi 8 dari 10 ibu juga mengatakan bahwa mempunyai anak adalah hal terbaik yang pernah terjadi dan aspek positif dari menjadi ibu jauh melebihi aspek negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement