Rabu 25 Jan 2023 21:36 WIB

Dibintangi Titi Kamal, Serial 'Di Bulan Suci Ini' Usung Toleransi dengan Cara Menyenangkan

Serial 'Di Bulan Suci Ini' dibintangi oleh Titi Kamal dan Dennis Adishwara.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
(Ki-ka) Jenny Chang, Titi Kamal, Rebecca Klopper, sutradara Dinna Jasanti, Verdi Solaiman dan Dennis Adishwara saat diwawancarai tentang original series Vidio
Foto: Republika/Gumanti
(Ki-ka) Jenny Chang, Titi Kamal, Rebecca Klopper, sutradara Dinna Jasanti, Verdi Solaiman dan Dennis Adishwara saat diwawancarai tentang original series Vidio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serial "Di Bulan Suci Ini" menjadi salah satu judul original series yang bakal tayang di platform OTT Vidio. Serial yang disutradarai Dinna Jasanti ini mengangkat isu toleransi yang dikemas dengan menyenangkan. 

Dinna Jasanti mengatakan, gagasan awal untuk menggarap serial ini dilatarbelakangi oleh waktu perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Ceng Beng tahun 2023 yang jatuh pada bulan yang sama, April. Idul Fitri merupakan hari raya yang sangat penting bagi umat Islam untuk kembali pada kesucian, sementara Ceng Beng atau Qingming adalah perayaan penting bagi masyarakat China di mana mereka melakukan ziarah untuk mengenang leluhur. 

Baca Juga

Berangkat dari kesamaan itu, Dinna akhirnya menggagas cerita menarik tentang dua keluarga yaitu keluarga Jawa Muslim dan keluarga China, di mana mereka melakukan roadtrip dari Jakarta ke Banyuwangi. Masing-masing keluarga memiliki tujuan yang berbeda. Keluarga Muslim ingin halal bihalal, sementara keluarga China ingin berziarah, namun pada akhirnya mereka bisa saling toleransi untuk segala perbedaan yang muncul selama perjalanan. 

"Jadi saat kedua keluarga yang beda adat dan agama disatukan selama berhari-hari pasti ada chaos, capek, sebel, tapi ada juga momen yang fun yang pada akhirnya bikin mereka saling toleransi," kata Dinna dalam konferensi pers di Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Serial yang terdiri atas enam episode ini juga mengangkat bagaimana dinamika kehidupan di dalam sebuah keluarga. Menurut Dinna, isu-isu keluarga yang diangkat juga akan relate dengan banyak keluarga di Indonesia. 

"Kita akan lihat bagaimana setiap keluarga itu menyimpan masalah sendiri-sendiri. Tapi apapun itu dinamikanya, pas akhirnya masalah itu meledak, ternyata mereka itu saling sayang dan ingin melindungi," kata Dinna.

Syuting serial "Di Bulan Suci Ini" dilakukan di beberapa kota termasuk Jakarta, Mojokerto, Yogyakarta, Surabaya, dan Banyuwangi. "Karena di banyak kota, pasukan syuting, kru dan alat itu benar-benar dimaksimalin," kata dia.

Serial ini akan dibintangi di antaranya oleh Titi Kamal, Dennis Adishwara, Rebecca Klopper, Bima Azriel, Verdi Solaiman, Jenny Chang, Dayu Wijanto, dan lainnya. Serial ini akan tayang pada April di platform Vidio, namun untuk tanggal pastinya masih dirahasiakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement