Selasa 03 Mar 2015 12:28 WIB

Susu Alternatif dan Manfaatnya

Susu kedelai
Foto: au.prime7
Susu kedelai

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin banyak ibu yang beralih ke susu alternatif seperti susu kedelai, susu almond, dan susu beras. Ini dilakukan semata-mata untuk menghindari alergi.

Tapi, apakah susu alternatif itu menawarkan nutrisi yang sama? Kami coba merincinya di bawah ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Susu kedelai

Di antara susu alternatif, banyak ahli kesehatan menganggap susu kedelai yang paling bergizi setelah dengan susu sapi. Itu karena susu kedelai memiliki banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin D. Beberapa merek susu kedelai juga dilengkapi zat besi.

Namun, kedelai bisa kekurangan nutrisi tertentu yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin C dan DHA. Anak-anak juga membutuhkan lemak untuk perkembangan otaknya. Susu kedelai hanya memiliki setengah lemak dari susu sapi.

Susu almond

Seperti susu kedelai, susu almond juga memiliki beberapa nutrisi yang tidak dimiliki susu sapi yaitu kalsium dan vitamin D. Namun, susu almond rendah protein dan lemak, di mana kedua zat itu penting untuk tumbuh kembang balita. Sama seperti susu kedelai, susu Almond tidak memiliki nutrisi penting seperti vitamin C dan DHA.

Susu beras

Susu beras biasanya mengandung beberapa nutrisi yang sama seperti susu sapi seperti kalsium dan vitamin D. Tetapi karena terbuat dari sari beras, susu ini memiliki kadar karbohidrat, protein, dan lemak yang rendah. Nutrisi penting seperti vitamin C dan DHA juga tidak ditemukan di susu beras.

Kesimpulan

Minum susu kedelai, susu almond, dan susu beras memang bisa menambah nutrisi seperti kalsium dan vitamin D. Tapi dari ketiga susu ini tidak ada yang memiliki nutrisi lengkap. Untuk itulah anak Anda perlu tambahan nutrisi dari sumber lain selain susu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement