Jumat 24 Feb 2023 05:00 WIB

Minum Susu Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Salah Pilih Jenisnya

Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Susu almond (Ilustrasi). Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
Foto: Flickr
Susu almond (Ilustrasi). Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi dan tak terkendali bisa meningkatkan beberapa risiko masalah kesehatan kemudian hari. Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Jenis susu tersebut adalah susu alternatif, yaitu susu oat.

"Studi epidemiologi dan intervensi telah menunjukkan secara jelas manfaat dari konsumsi oat dan produk berbasis oat terhadap serum kolesterol dan penanda penyakit kardiovaskular lain," jelas tim peneliti dari Food and Health Programme di Quadram Institute Bioscience, seperti dilansir Express, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga

Efek penurun kolesterol dari oat ini diprediksi bersumber dari beta glucan yang terkandung di dalamnya. Menurut Heart UK, beta glucan adalah serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara membentuk gel di dalam usus.

"Gel tersebut bisa mengikat asam empedu yang tinggi kolesterol dan mencegahnya terserap ke dalam tubuh," ujar Heart UK.

 

Jumlah asupan beta glucan yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah 3 gram per hari. Selain dari susu oat, asupan beta glucan juga bisa diperoleh dari beberapa produk berbasis oat lain, seperti bubur oat, biskuit oat, sereal oat, serta kue oat.

Selain susu oat, saat ini ada beragam jenis susu dan susu alternatif lain yang bisa ditemukan di berbagai toko hingga swalayan. Bagaimana efek dan manfaat kesehatan dari beragam susu tersebut?

Susu Sapi

Ahli gizi senior di British Heart Foundation (BHF), Victoria Taylor, mengungkapkan bahwa salah satu keunggulan susu sapi adalah kaya akan kalsium. Namun, kandungan lemak jenuh dalam susu sapi perlu diwaspadai.

"Meski susu tidak tinggi akan lemak, bila Anda sering meminumnya, (asupan lemaknya ikut) bertambah," ujar Taylor.

Susu Alternatif Oat

Susu oat mengandung beta glucan yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol di rentang normal. Manfaat ini bisa didapatkan bila beta glucan dikonsumsi sebanyak tiga gram per hari.

Satu gelas susu oat berukuran 250 ml memiliki sekitar 1 gram beta glucan. Selain itu, susu oat dikenal memiliki kandungan lemak dan protein yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement