Selasa 14 Feb 2023 21:54 WIB

Dokter: Salah Konsumsi Susu Kental Manis Bisa Sebabkan Stunting

Susu kental manis rendah protein dan tinggi gula membuat anak cepat kenyang.

Fakta tentang susu kental manis.
Foto: republika
Fakta tentang susu kental manis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Anak Rumah Sakit Permata Depok Agnes Tri Harjaningrum menyatakan bahwa pemberian kental manis menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting pada anak-anak di Indonesia.

"Kalau kita berbicara mengenai stunting, itu dua tahun pertama sangat penting. Jadi di usia balita ini kita harus memberikan makanan yang benar agar anak tidak stunting," kata Agnes dalam Media Briefing KOPMAS yang diikuti di Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga

Agnes menuturkan berdasarkan anjuran dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kental manis dapat dikenalkan pada anak jika usianya sudah di atas lima tahun. Namun, harus diperkenalkan sebagai toping makanan saja, bukan sebagai pengganti ASI eksklusif ataupun kebutuhan protein pada anak.

Sayangnya, hal tersebut belum bisa dipahami oleh banyak orang tua di Indonesia. Banyak kasus yang ditemukan, dimana orang tua memberikan kental manis yang dianggap sebagai susu untuk membuat anak kenyang.

Akibatnya, Indonesia mempunyai banyak anak stunting yang kini angka prevalensinya mencapai 21,6 persen berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022. Hingga kini pun, anak stunting juga masih ditemukan di DKI Jakarta.

Padahal, adanya rasa manis yang kuat pada kental manis justru membuat anak ketagihan dan tidak berselera untuk memakan makanan sehat lainnya. Hal tersebut, bertentangan dengan program pemerintah yang sedang menggaungkan pentingnya protein hewani untuk mencegah stunting.

"Hubungannya dengan stunting itu, mereka (kental manis) proteinnya rendah, gulanya tinggi itu kental manis. Itu membuat anak kenyang akhirnya dia tidak mau makan sayur dan lain-lain, hanya makan gula saja jadi kalorinya tinggi," katanya yang juga Ahli Gizi itu.

Menurut Agnes, menurunnya nafsu makan akibat konsumsi kental manis yang berlebihan, memberikan dampak secara bertahap pada anak. Pertama, anak akan mengalami defisiensi makronutrien.

Kemudian anak secara perlahan akan mengalami defisiensi mikronutrien atau kekurangan gizi mikro yang salah satunya adalah zink atau protein hewani yang bisa didapat dari ikan ataupun telur. Jika berat badan anak terus menurun, maka anak bisa terindikasi terkena stunting akibat kekurangan gizi kronis.

Selain kurang asupan protein hewani, kurangnya pengetahuan terkait pola makan yang baik dalam keluarga juga bisa menyebabkan anak terkena stunting. Dalam kasus yang Agnes temukan, masih banyak ibu yang beranggapan bahwa jajanan manis atau yang ada di sekitar sekolah tidak berbahaya dan bisa memenuhi gizi anak meski sedikit.

Agnes mengimbau bahwa pemikiran tersebut perlu diubah. Disarankan para ibu dapat meningkatkan pengetahuannya dan mematuhi anjuran yang sudah disepakati para pakar, sehingga asupan gula anak tidak berlebihan yang bisa memicu stunting, ataupun terkena diabetes tipe II yang kini diketahui semakin meningkat di Indonesia.

Ia menyarankan agar orang tua dapat memaksimalkan pemberian ASI eksklusif dan mengolah makanan lokal sebagai MPASI agar gizinya dapat terpenuhi.

"Tadi sudah saya jelaskan di atas satu tahun kemampuan (mengolah) makan yang penting 70 persen dari makanan padat dan 30 persen cair, jadi susunya kalau untuk usia 2-5 tahun itu hanya maksimal 600 mili saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement