Kamis 19 Feb 2015 17:09 WIB

Istri yang Hamil, Kenapa Suami yang Ngidam?

Hamil
Foto: pixabay
Hamil

REPUBLIKA.CO.ID,Jangan heran jika saat Anda hamil muda ternyata suami juga ikut merasa pusing, mual, dan muntah. Suatu studi menarik dilakukan oleh produsen popok Pampers di Inggris kepada lebih dari 2.000 pria berusia 16-55 tahun. Hasil studi  melaporkan bahwa sepertiga suami yang istrinya sedang hamil juga mengalami gejala seperti ngidam dan morning sickness.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, para calon ayah ini menjadi lebih emosional, cengeng, pusing, mual, dan bahkan juga mengalami mood swing. Mereka juga mengaku mengidam makanan yang tidak seperti biasanya.

Dari para calon ayah yang mengalami gejala, tercatat 26 persen yang mengaku mengalami perubahan mood, 10 persen ngidam, dan 6 persen merasa pusing padahal tidak sakit.

Uniknya, 3 persen dari mereka bahkan mengaku mengalami nyeri kehamilan imajiner. Para pakar menyebut fenomena ini sebagai cauvades syndrome, yang bisa disebabkan oleh dua hal, stres karena perubahan kondisi saat padangan hamil dan rasa simpati terhadap istrinya.

Studi lainnya yang dilakukan Dr. Arthur Brennan dari Kingston University and St. George’s University of London, menyatakan bahwa para suami bisa mengalami perubahan hormonal karena tubuh mereka meniru gejala kehamilan istrinya sebagai cara menyiapkan diri mereka sebagai seorang ayah yang nantinya akan merawat anak.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa calon ayah ini mengalami kenaikan hormon prolaktin yang banyak ditemukan pada ibu menyusui, sehingga mereka menjadi lebih “lembut” dan emosional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement