Senin 20 Apr 2015 23:03 WIB

Istri Hamil? Suami Perlu Lakukan Ini

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ibu hamil, ilustrasi
Ibu hamil, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehamilan merupakan sebuah kebahagian yang selalu dinanti sepasang suami istri. Momen yang selalu ditunggu kehadiranya, dan menjadi tempat menaruh harapan kehidupan baru yang lebih lengkap.

Sayangnya, dalam proses kehamilan terkadang hanya calon ibu yang sibuk merawat calon buah hati. Calon ayah berpikir tugasnya hanya mencari uang untuk mempersiapkan kebutuhan melahirkan dan keperluan selanjutnya.

"Harus mau merawat bersama-sama," ujar dr. Trisna Verani K. Oroh, Sp.OG beberapa waktu lalu.

Merawat bersama yang dimaksudkan dr. Trisna yaitu calon orang tua saling mendukung selama proses mengandung. Calon ayah harus menemani dan mengerti kebutuhan dari calon ibu.

"Jangan sampai calon ayah malah malas pulang karena istrinya marah-marah saat hamil, temani dan usap-usap punggungnya saat istri sedang istirahat," katanya.

Selain itu, calon ayah bisa menememani saat calon ibu akan kontrol kandungan atau mengikuti penyuluhan seputar kehamilan. Sediakan waktu juga untuk mendengarkan keluh kesahnya, dan bantulah saat ia sedang melakukan aktivitas yang cukup berat.

Membicarakan soal calon ibu menyusui untuk berapa lama dan cara mendidik anak juga perlu dilakukan saat masa kehamilan. Hal itu menghindari ketidaksesuaian pandangan orang tua perihal tumbuh kembang anak. Permasalahan yang sering dihindari calon orang tua saat hamil adalah permasalahan berhubungan badan.

"Itu penting, jangan malu. Terkadang memang ada istri yang justru tinggi tingkat keinginannya saat hamil," ujar dr. Tirsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement