Ahad 01 Feb 2015 07:31 WIB

Kiat Melatih Anak Buang Air Tanpa Sogokan

Melatih anak buang air kecil
Foto: The Guardian
Melatih anak buang air kecil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memberi anak hadiah setiap kali berhasil buang air di toilet sama dengan menyuapnya. Namun ada cara yang lebih baik dari itu.

Seperti dikutip dalam laman www.parentsindonesia.com berikut kiat ampuh melatih anak buang air tanpa memberikan apa yang ia mau.

Seorang narasumber bertanya, ia memiliki putra berusia tiga tahun yang sudah mahir menggunakan toilet. Lantas si Ibu memberinya sebuah mobil-mobilan sebagai hadiah setiap kali berhasil buang air di toilet. Lalu, ia merasa kebingungan memberikan hadiah apa yang tepat kepada putrinya yang berusia 18 bulan begitu ia mau buang air.

Jawabannya adalah tidak memberikan hadiah apapun untuk menyuap putri Anda saat latihan menggunakan toilet. Saya senang hal itu bekerja dengan baik untuk anak laki-laki Anda. Tetapi intinya adalah anak-anak akan siap ketika mereka ingin hidup lebih bersih.

Jadi satu-satunya motivasi jangka panjang adalah berhenti bermain di ruang tamu dan langsung pergi ke kamar mandi ketika dorongan buang air kecil muncul. Ketika waktunya tepat, latihan menggunakan toilet hanya memakan waktu satu hari atau di akhir pekan saja. Berikan anak Anda training pants (celana katun dengan lapisan ekstra bukan popok kain yang kadang-kadang disebut training pants).

Lihat apa yang terjadi. Jika dia buang air 10 kali bukan di kamar mandi dalam sehari, itu berarti dia tidak siap dan kenakan dia popok lagi dan coba lain waktu. Namun, jika dia buang air 1 atau 2 kali tidak di kamar mandi dan dia merasa bersalah, ia berarti dia siap dan tugas Anda selesai!

Jika Anda merasa harus memberikan dia hadiah, saya akan menyarankan meminjamkan dia mainan seperti boneka selama 30 menit setiap kali dia berhasil buang air di toilet. Hal itu akan menghemat banyak uang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement