Rabu 14 Jan 2015 18:22 WIB

Trik Mengajarkan Anak Laki Buang Air di Toilet

Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi
Foto: crazymessybeautiful.com
Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anak tidak mungkin selamanya mengenakan popok. Ketika saatnya tiba, anak harus mulai belajar buang air di toilet dan menanggalkan popoknya. Mengajarkan anak laki buang air di toilet dengan anak perempuan ternyata tak selalu sama.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, pengarang buku 'Stop Second-Gues sing Yourself' Jen Singer akan memandu orang tua mengajarkan anak laki-laki mahir buang air di toilet.

Latihan

Tahap selanjutnya anak Anda sudah mulai menguasai cara buang air dan tidak terbiasa lagi menggunakan popok. Masalahnya Anda tidak tahu kapan dia akan buang air. Jadinya Anda harus terus membersihkan lantai.

“Sebaiknya pantau berapa menit sekali dia buang air. Waktu pipisnya bisa menjadi patokan kapan dia harus ke belakang dan mulai melatihnya buang air secara rutin,” kata Singer.

Waktu telanjang

"Cuaca hangat adalah saat yang tepat untuk mencoba 'waktu telanjang,'" kata Singer . Alasannya Ketika batita telanjang, mereka akan lebih nyaman untuk buang air. Itu karena mereka tidak harus melepas popok.

Pastikan untuk mengingatkan si kecil untuk buang air kecil setiap 20 menit sekali atau lebih. Singer juga menyarankan, jika anak masih buang air di lantai atau karpet, jangan menghukumnya. Bersihkan dan coba lagi.

Beri Hadiah

“Berikan anak sedikit motivasi untuk terus buang air di toilet,” ujar Singer. Berikan dia permen atau coklat setiap kali berhasil buang air di toilet. Atau berikan mainan favoritnya. Ada banyak cara untuk memotivasi anak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement