Rabu 14 Jan 2015 18:09 WIB

Anak Laki Paling Tepat Belajar ke Toilet dengan Ayahnya

Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi
Foto: crazymessybeautiful.com
Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Melatih anak buang air di toilet bukan perkara mudah. Terutama bagi orang tua dengan anak laki-laki.

Dikutip dari www.parentsindonesia, pengarang buku 'Stop Second-Gues sing Yourself' Jen Singer akan memandu orang tua mengajarkan anak laki-laki mahir buang air di toilet.

Duduk atau berdiri? Biarkan anak memutuskan

Anak laki-laki lebih baik buang air dengan posisi duduk atau berdiri? Anda tidak perlu khawatir. Tujuan utamanya adalah supaya dia bisa buang air sendiri. Singer merekomendasikan memerkenalkan keduanya.

"Anak laki-laki belajar buang air dimulai dengan posisi yang paling nyaman baginya. Jika ia mulai buang air dengan posisi duduk, di kemudian hari dia dapat beralih ke posisi berdiri ketika sudah mahir menggunakan toilet."

Ayah harus mengajarkan buang air

Kadang lebih mudah mengajarkan anak lelaki buang air jika ayah yang menuntunnya. Namun seringkali mengajarkan buang air dilakukan oleh para ibu.

“Rata-rata, anak laki-laki membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar buang air karena ibu yang biasanya bertanggung jawab atas proses itu,” kata Singer.  

“Jika tidak ada ayah, kakek, paman, kakak atau adik ipar laki-laki bisa menunjukkan cara buang air kepada si kecil,” lanjut Singer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement