Kamis 29 Jan 2015 18:31 WIB

Sudah 3 Tahun Masih Pakai Popok? Ini Dampaknya

Rep: MGROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi
Foto: crazymessybeautiful.com
Anak belajar buang air di toilet/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Penggunaan popok bagi anak memang meringankan tugas orang tua. Cucian yang harus dituntaskan lebih sedikit tiap harinya, orang tua juga tidak direpotkan dengan urusan anak mengompol.

Tetapi, popok dapat menjadi bagian dari diri anak apabila ia terbiasa memakai popok setiap hari hingga usia 3 tahun. Hal tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap psikologis anak di masa tumbuh kembangnya.

Menurut psikologi Ratih Ibrahim, anak harus mulai diajarkan untuk teratur buang air sejak usia 1 tahun di toilet. Sehingga, saat anak mulai menginjak usia sekolah fase awal, Ia tidak akan buang air sembarangan atau mengompol.

Secara langsung anak yang mengompol bisa dicemooh teman-temannya, sehingga berpengaruh terhadap rasa percaya dirinya. Usia belajar melepas popok di 1 tahun juga bisa diterapkan pada anak perempuan dan laki-laki

"Sama saja, pengaruhnya sama-sama malas sehingga tidak teratur untuk buang air, sehingga menjadi terbiasa pipis sembarangan, tidak di toilet, ungkapnya, dalam acara peresmian Taman Ceria Merries di Rumah Susun Albo, Rabu (28/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement