Selasa 20 Jan 2015 13:36 WIB

Manfaat Musik untuk Perkembangan Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kelompok paduan suara yang tergabung dalam The Resonanz Children Choir saat tampil di Balai Resital Kartanegara, Jakarta Selatan, Jumat (5/9).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Kelompok paduan suara yang tergabung dalam The Resonanz Children Choir saat tampil di Balai Resital Kartanegara, Jakarta Selatan, Jumat (5/9).

REPUBLIKA.CO.ID, Mengenalkan musik pada anak memiliki banyak manfaat. Manfaatnya merentang dari perkembangan kognitif, prestasi akademis, psiko-sosial, sikap belajar, maupun fisik anak.

Menurut psikolog anak, Nadya Pramudita, manfaat musik untuk perkembangan kognitif anak misalnya pada daya ingat dan konsentrasi. Selain itu, juga bermanfaat untuk kemampuan spasial. Anak juga akan mampu berpikir kritis, memiliki kemampuan memecahkan masalah atau problem solving yang baik, juga memiliki kreativitas.

Sementara manfaat musik untuk prestasi akademis misalnya akan berpengaruh pada nilai matematika, nilai bahasa serta keterampilan membaca. Bila ingin mengenalkan anak pada musik, lakukan saat ia setidaknya sudah berumur 2 tahun.

Bagaimana dengan manfaat musik pada kemampuan psiko-sosial anak? Nadya menjelaskan musik bisa membantu anak memiliki kepercayaan diri yang baik, persepsi positif terhadap diri sendiri serta kooperatif terhadap orang lain. Bukan hanya itu, anak juga mampu menyatakan pendapat, komunikasi efektif, serta bisa mengekspresikan diri. Anak yang akrab dengan musik juga memiliki fleksibilitas.

“Musik juga bermanfaat menurunkan risiko penggunaan alkohol, rokok dan obat-obatan,” jelas Nadya kepada ROL, Selasa (20/1).

Selain itu, musik juga bermanfaat pada sikap belajar anak. Anak akan menjadi anak yang disiplin, sabar, memiliki ketekunan, motivasi, sedikit jumlah menonton televisi, dan sedikit perasaan bosan sekolah.

Manfaat musik berlanjut, yaitu bagi fisik anak. Terhadap sensori dan motorik serta keseimbangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement