Ahad 18 Jan 2015 15:15 WIB

Ibu, Perhatikan Hal Ini Untuk Hindari Keguguran

hamil
hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trimester pertama adalah saat yang paling menetukan kesuksesan kehamilan Anda. Di trimester ini janin tumbuh sangat pesat tapi di sisi lain sangat rentan terjadi keguguran.

Perempuan zaman sekarang bukan tipe perempuan yang tidak melakukan banyak aktifitas. Terutama para perempuan yang juga sibuk dengan karir mereka. Mereka pergi keluar rumah untuk bekerja. Tentunya hal itu membuat risiko terjadi keguguran semakin besar.

Untuk menghindari keguguran di trimester ini kami memberikan beberapa tip seperti yang dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Hindari konsumsi keju

Keju putih adalah makanan berbahaya yang harus dihindari pada trimester pertama kehamilan. Keju putih dapat menyebabkan keracunan makanan yang parah sehingga menyebabkan keguguran spontan. Amannya hindari semua jenis keju pada trimester pertama.

Perjalanan jauh

Melakukan perjalanan selama kehamilan harus dilakukan dengan cara yang sangat aman. Pada trimester pertama ketika janin masih belum cukup kuat untuk menerima guncangan, sebaiknya hindari bepergian jarak jauh. Hindari juga jalan bergelombang dan jangan pernah bepergian menggunakan sepeda motor pada trimester pertama.

Hindari bahan pengawet

Semua makanan yang mengandung bahan pengawet merupakan penyebab keguguran. Makanan yang mengandung bahan pengawet diantaranya daging kemasan, sosis, jus dalam kemasan, dan lain-lain. Jadi sangat disarankan memasak bahan makanan sendiri. Memang akan memakan waktu, tapi hasilnya janin Anda lebih sehat.

Terlalu banyak kafein

Pada trimester pertama kehamilan, kadang perempuan tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Jika Anda seorang peminum kopi Anda akan tetap minum kopi dengan dosis yang tinggi. Sekitar 100 gram kafein masih bisa ditoleransi untuk perempuan hamil. Jumlah itu setara dengan satu bungkus kopi instan.

Hormon stres

Ketika Anda sedang stres, hormon kortisol diproduksi tubuh Anda. Hormon stres ini dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim dan mengugurkan janin muda. Jadi, cobalah untuk menghindari stres dan buatlah keadaan sebahagia mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement