Kamis 18 Dec 2014 17:40 WIB

Orang Korea Makan Paling Banyak Sayur dari Negara Lain

Kimchi Korea
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Kimchi Korea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menurut bintang K-Pop Eru, makanan Korea adalah makanan tradisional paling sehat di dunia. Alasannya, orang Korea makan dengan bahan dasar sayuran terbanyak dibanding negara lain di dunia.

Eru memaparkan hal tersebut di hadapan sejumlah tamu di restoran Samwon Garden di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Kamis (18/12). Ia datang ke Jakarta atas undangan Korea Food Foundation untuk mengenalkan makanan Korea. Eru juga memperlihatkan kemahirannya meracik nasi goreng Kimchi.

“Di Korea, kami memiliki hidangan berbahan dasar sayur-sayuran dengan jumlah yang lebih banyak dari pada negara manapun di dunia," ujarnya. Orang Korea, dikatakannya, menyantap berbagai jenis sayuran dengan berbagai macam bahan tradisional yang difermentasikan.

Boleh dibilang, Korea adalah surganya makanan fermentasi. Mulai dari Ganjang (kecap), Doenjang (pasta kedelai), dan Gochujang (pasta paprika merah).

Dari tiga makanan fermentasi tersebut berbagai jenis hidangan lain bisa diciptakan. Eru menerangkan, makanan fermentasi dibuat dari meju atau kacang kedelai fermentasi.

Eru juga menjelaskan bahwa orang Korea percaya makanan merupakan cerminan perasaan atau rasa cinta. Makanan Korea merupakan harmoni dari bahan-bahan yang berwarna-warni dan segar dikombinasikan dengan nutrisi yang seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement