Kamis 18 Dec 2014 17:28 WIB

Bintang K-Pop Eru Ceritakan Tradisi Makanan Tahun Baru Korea

Bintang K-Pop Eru
Foto: dok Korea Food Foundation
Bintang K-Pop Eru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Akhir tahun merupakan salah satu waktu yang paling dinanti bintang K-Pop Eru. Dalam kunjungannya ke Jakarta, Kamis (18/12), Eru bercerita tentang tradisi liburan akhir tahun bersama keluarganya.

“Biasanya kami main permainan tertentu untuk senang-senang, dan yang paling penting berbagi makanan. Pada umumnya, orang Korea makan Tteok-guk untuk merayakan Tahun Baru. Hidangan ini adalah sup kue beras yang disajikan bersama irisan kue beras. Kami sering bilang, ‘Aku baru saja makan semangkuk sup kue beras’, yang berarti ‘Aku baru saja bertambah umur setahun lebih tua’," ujarnya.

Kue beras putih kerap disantap orang Korea sebagai simbol untuk harapan agar tahun baru berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Bagi orang Korea, makanan adalah sarana penting untuk saling berbagi Jeong (kasih sayang, cinta, atau keakraban).

Selain Tahun Baru, orang Korea juga merayakan banyak momen spesial dengan cara berbagi banyak makanan, seperti saat merayakan Chuseok (semacam hari bersyukur orang Korea) atau hari pernikahan,

“Di Korea, jika Anda ini lebih akrab dengan seseorang, maka Anda harus makan bersama orang itu. Oleh karena itu, dengan memperkenalkan hidangan ke teman-teman di Indonesia, berarti saya sedang berbagi Jeong atau kasih sayang dengan teman-teman,“ kata Eru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement