Kamis 27 Nov 2014 02:17 WIB

Keindahan Danau Darah Bolivia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Laguna Colorado
Foto: Amusingplanet
Laguna Colorado

REPUBLIKA.CO.ID, BOLIVIA -- Danau merah semerah darah bisa ditemukan di ketinggian 14 ribu kaki bagian barat daya Altiplano Bolivia.

Laguna Colorada adalah danau merah yang berada di Eduardo Avaroa Andean Fauna National Reserve, dekat perbatasan dengan Chili.

Dilansir dari Amusingplanet, Kamis (27/11) danau tinggi kadar garam ini memiliki luas hampir 15 ribu hektar. Warna merah darah muncul karena ganggang yang tumbuh di air garam laguna. Danau juga kaya akan plankton dan menarik sejumlah besar burung flamingo James.

Danau ini dihiasi pulau-pulau putih hasil deposit boraks dalam jumlah besar. Daerah Altiplano memiliki banyak laguna besar yang juga berwarna cemerlang. Airnya tinggi kadar mineral.

Seperti misalnya Laguna Verde yang terkenal sebagai perairan zamrud berwarna hijau. Laguna Colorada adalah satu-satunya laguna merah besar yang ada di Reserve Eduardo. Lokasi lain yang terkenal adalah dataran garam Salar De Uyuni yang terletak tidak jauh.

Mayoritas pemandangan sekitar Laguna merah itu adalah batu-batu gurun dan deposit garam. Suhu udara cukup kering di bawah titik beku saat fajar. Namun suhu menghangat selama musim panas, sehingga mengunjunginya akan menyenangkan.

Daerah dekat Laguna Colorado adalah rumah bagi berbagai burung dan hewan lainnya seperti Puma, rubah Andean dan kucing. Tiga dari enam spesies flamingo ada di sini, yaitu flamingo Chili, Andes dan James.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement