Ahad 13 Mar 2016 07:16 WIB

Magadi, Danau Berwarna Pink di Kenya

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Danau Mangadi. Kenya
Foto: Amusingplanet
Danau Mangadi. Kenya

REPUBLIKA.CO.ID, Di Kota Magadi, Kenya Selatan terdapat salah satu fenomena alam yang menakjubkan. Terdapat sebuah danau yang memiliki warna yang unik dan diberi nama sama dengan kota tempat danau ini berada.

Dengan warna pink atau merah muda, banyak orang yang bertanya-tanya apa yang membuat Danau Magadi bisa menjadi seperti itu. Ternyata, hal ini terjadi secara alami karena di dalamnya terkandung garam padat yang mengendap dalam jumlah besar.

Garam padat ini berasal dari trona mineral atau dikenal dengan nama natrium sesquicarbonate, salah satu bahan baku untuk membuat soda. Mineral ini juga dibentuk dari berbagai zat kimia lainnya.

Hal inilah yang disebut menimbulkan warna kemerahan di danau. Magadi juga terletak pada titik terendah lembah dan tak ada aliran air yang masuk dari sungai. Air yang ada dalam danau berasal dari hujan di wilayah tersebut.

Selain itu, di dalam danau ini juga memiliki mata air panas di   pinggirannya. Hal ini terjadi karena cuaca panas yang terjadi di Magadi. Biasanya, air panas yang dihasilkan bersuhu hingga 80 derajat celcius.

Sebelumnya, Danau Magadi hanya populer sebagai penghasil soda dan di kota tempat danai ini terletak terdapat pabrik sida yang besar.

Namun, belakangan danau ini dikembangkan menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Kenya. Karena itu, kini di Magadi terdapat banyak penginapan yang ditujukan untuk para turis baik dalam negeri maupun mancanegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement