Ahad 16 Nov 2014 06:36 WIB

Manfaat Cerita Hewan untuk Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Dongeng anak-anak
Foto: Antara
Dongeng anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak pada dasarnya menyukai cerita tentang hewan. Namun, menurut pendongeng dari Kampung Dongeng, Kak Awam Prakoso, anak-anak usia lima sampai delapan tahunlah yang paling cocok dengan cerita hewan.

Di bawah usia tersebut anak-anak juga sudah bisa diberikan cerita tentang hewan. Hanya saja konten yang diberikan jangan yang terlalu berat. Selain itu jangan sampaikan cerita tentang binatang yang menakutkan atau mengejutkan si anak.

Lalu apa manfaat cerita anak untuk si anak itu sendiri? Cerita anak ini selain memberikan pesan budi pekerti untuk anak, juga membangun wawasan dan pengetahuan anak.

Selain itu, mendekatkan anak dengan nilai kebersamaan, saling tolong menolong, dan senang berkelompok seperti karakter kuat para hewan. "Cerita hewan juga mengajarkan anak tentang empati dan kasih sayang," ujarnya, Jumat (14/11).

Menurutnya, materi apapun bisa dikembangkan lewat cerita hewan, termasuk mengenai pesan jangan jajan sembarangan. "Hewan menjadi alat atau media persuasif," tambahnya.

Sebaiknya orang tua tidak hanya menceritakan satu jenis hewan saja, tapi juga semua jenis hewan yang ada. Cerita hewan juga bisa diberikan kepada anak melalui gadget atau rekaman audio maupun dari tayangan televisi maupun dvd.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement