Selasa 06 May 2014 15:04 WIB

Memanfaatkan Sisa Putih Telur

Telur
Foto: ontheroadtofit.com
Telur

REPUBLIKA.CO.ID, Sedang punya banyak putih telur? Beragam makanan bisa dibuat menggunakan bagian putih dari telur, lho. Misalnya, untuk membuat kue bahkan agar-agar.

Erwinada dari jurusan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta membagi tips mengolah putih telur menjadi berbagai rupa makanan. Yuk, simak tipsnya.

- Tak cuma digoreng, putih telur kukus juga sangat lezat. Cara membuatnya,  masukkan putih telur yang telah dibumbui sesuai selera ke dalam wadah. Kukus hingga matang. Lalu potong-potong tipis dan sajikan. Putih telur juga enak untuk dibuat orak-arik.

- Pada cake, putih telur memberikan efek volume. Bisa juga dijadikan  variasi untuk membuat agar-agar atau puding.

- Putih telur yang baik untuk membuat kue adalah yang dipecahkan pada suhu  ruang. Caranya, diamkan telur selama 30 menit di ruang terbuka. Atau kalau  ingin cepat, taruh telur dalam mangkuk yang berisi air hangat selama 5-10  menit. Atau jika telurnya sudah Anda pecahkan, maka taruh mangkuk yang  berisi telur tadi di dalam wadah yang berisi air hangat.

- Putih telur yang bagus adalah putih telur yang masih baru. Pada telur  yang baru, putih telur tampak lebih kental dan lengket dengan cangkangnya.  Begitu dimasak, cairan putih telur yang sudah lama akan melebar, tidak  padat seperti yang baru.

- Putih telur yang dipecahkan sudah terkontaminasi udara. Jika disimpan di  lemari es, sebaiknya tidak lebih dari tiga hari.

- Jika hendak mengocok putih telur, gunakan wadah yang bersih dan tidak  terkontaminasi air maupun lemak. Kotoran, air, dan lemak bisa  mengakibatkan telur tidak mengembang.

- Putih telur juga bisa menjadi variasi yang cantik untuk kue kering,  puding, cake, dan wafel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement