Selasa 11 Apr 2023 14:16 WIB

Telur Punya Warna Kuning yang Berbeda-beda, Apakah Memengaruhi Nilai Gizi?

Ada warna kuning telur yang agak muda, kuning tua, bahkan oranye.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kuning telur (ilustrasi). Warna kuning di dalam sebuah telur berbeda-beda, ada yang kuning tua, mudah, bahkan oranye.
Foto: www.freepik.com
Kuning telur (ilustrasi). Warna kuning di dalam sebuah telur berbeda-beda, ada yang kuning tua, mudah, bahkan oranye.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda memecahkan telur dan melihat warna kuning yang berbeda? Terkadang wana telur kuning agak muda, namun terkadang kuning tua, bahkan oranye. Warna kuning telur bisa berbeda karena berbagai alasan.

Tentu saja ketika Anda memecahkan telur dan melihat warna kuning telur tidak seperti biasanya, itu bisa membuat Anda bertanya-tanya apakah masih aman untuk dimakan? Salah satu faktor terbesar yang menentukan warna kuning telur adalah pakan.

Baca Juga

Studi yang diterbitkan pada 2022 melihat warna kuning telur dari dua kelompok ayam. Satu kelompok ayam diberi makanan dasar, sedangkan kelompok kedua diberi makanan dasar dilengkapi makanan tambahan dengan karotenoid.

Warna kelompok kedua berbeda dalam hal kecerahan dan kekuningan antara kedua kelompok. Peneliti menentukan diet karotenoid dapat membantu meningkatkan warna kuning telur.

Arti warna kuning telur

Warna kuning telur lebih erat kaitannya dengan pakan ayam dibandingkan dengan nilai gizi telur secara keseluruhan. "Nilai gizi telur ditentukan oleh faktor-faktor seperti kandungan proteinnya, profil asam amino, serta kandungan vitamin dan mineralnya," jelas Global Manger Layers Solutions at DSM, dr Fernando Cisneros, seperti dilansir laman Best Life, Selasa (11/4/2023).

Sementara warna kuning telur bervariasi dari kuning pucat hingga oranye tua. "Ayam yang lebih sehat akan memiliki lebih banyak karotenoid dalam telurnya, menghasilkan kuning telur berwarna keemasan," kata Cisneros.

Jadi untuk mendapatkan kuning telur emas, ayam perlu mendapatkan pakan berkualitas baik, praktik pemeliharaan yang benar dan yang lebih penting menjadi ayam yang sehat. VP of Food Safety and Quality Assurance at Vital Farms, Jeanine Flaherty, juga mempertimbangkan dan setuju warna kuning telur merupakan indikasi pola makan ayam dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Tak perlu khawatir

Flaherty mengatakan, Anda tidak perlu khawatir tentang warna kuning telur yang berbeda karena variasi warna kuning telur dipengaruhi oleh seberapa sering, berapa banyak, dan apa yang dimakan ayam. Jadi, warna kuning telur mana pun yang Anda sukai, semuanya memiliki nutrisi yang sangat banyak. Tidak peduli warna kuning telur yang Anda pilih, Anda mendapatkan banyak nutrisi telur yang baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement