Senin 29 Oct 2012 06:30 WIB

Anak Gemar Berolahraga? Perhatikan Hal Berikut Ini (2)

Ilustrasi
Foto: familyhealthandhome.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID -- Olahraga adalah cara mudah dan hemat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik si anak. Namun perlu diketahui, olahraga juga punya resiko cedera dan bisa membuat tubuh menjadi stres.

Karena itu ada baiknya Anda, selaku orangtua, memperhatikan beberapa hal hal berikut. 

Minum Air Putih

Anak-anak diwajiwibkan minum satu gelas air putih 15 menit sebelum berolahraga. Jika berolahraga di kondisi yang panas mereka harus minum lebih banyak dan menegak satu gelas air putih setiap 20 menit. Kekurangan minum menyebabkan dehidrasi.

Gejala dehidrasi adalah mual dan lesu, Jika mengabaikan tanda-tanda tersebut tubuh bisa sangat kelelahan dan bisa menghilangkan kesadaran.

Pemanasan

Pemanasan berguna untuk menyiapkan otot tubuh dan persendian. Juga berguna untuk menyiapkan jantung supaya memompa darah dengan baik. Anak-anak biasanya melakukan pemanasan lebih cepat dari orang dewasa. Cukup dengan lari di tempat dan tarik nafas dalam selama beberapa menit.

Kemudian mereka harus melakukan gerakan pelan beberapa menit sebelum olahraga. Hal tersebut berguna supaya tubuh terbiasa dengan gerakan yang cepat dan keras.

Pendinginan

Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan. Berikan waktu berberapa menit kepada anak untuk memperlambat gerakannya sebelum benar-benar berhenti olahraga. Tunggu sampai kulitnya kering dan suhu tubuhnya menurun sebelum ia minum air dingin atau mandi.

sumber : Parents Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement