Senin 29 Oct 2012 05:40 WIB

Anak Gemar Berolahraga? Perhatikan Hal Berikut Ini (1)

Ilustrasi.
Foto: kickitusa.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID -- Olahraga adalah cara mudah dan hemat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik si anak. Namun perlu diketahui, olahraga juga punya resiko cedera dan bisa membuat tubuh menjadi stres.

Karena itu ada baiknya Anda, selaku orangtua, memperhatikan beberapa hal di bawah ini. 

Pakai Pakaian Olahraga yang Pantas

Jika anak Anda berolahraga di luar ruangan, ia harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan temperatur dan kelembapan udara di sekitarnya. Pada saat cuaca dingin, pakaikan si kecil baju berlapis. Dengan begitu suhu tubuhnya akan meningkat dan ia bisa membuka bajunya satu per satu. 

Pada saat panas, ia harus menggunakan pakaian yang tipis dan berwarna terang. Untuk segala kondisi jangan lupa gunakan krim anti matahari. Sepatu dan kaus kaki juga penting. Pastikan sepatu cocok untuk olahraganya. 

Sepatu olahraga punya fungsinya sendiri. Sepatu untuk berlari berbeda dengan sepatu tennis. Pastikan juga kaus kaki bisa menyerap keringat sehingga nyaman digunakan.

Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Menurut data keselamatan anak di Amerika Serikat, lebih dari 3 juta anak menderita cedera baik ringan atau sedang tiap tahunnya. Cedera tersebut disebabkan karena tidak menggunakan alat pelindung pada saat olahraga.

Pastikan anak anda menggunakan alat pelindung yang tepat untuk jenis olahraga yang mereka lakukan. Gunakan pelindung kepada, kacamata, pelindung tulang kering  pelindung dada, lulut, dan siku. Alat keselamatan tersebut harus berkualitas.

sumber : Parents Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement