Sabtu 01 Nov 2014 18:08 WIB

Kapan Mengajarkan Anak Olahraga?

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sepatu olahraga anak.
Foto: Reuters
Sepatu olahraga anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga penting untuk tumbuh kembang anak. Dengan olahraga fisik dan mental anak bisa terbentuk dengan baik. Kapan sih harus mengajarkan anak olahraga?

Psikolog, Kassandra Putranto mengatakan mengajarkan anak olahraga bisa dilakukan sejak anak baru lahir. Misalnya dengan mengangkat kaki atau tangan anak kemudian diletakkan kembali. Juga dengan melakukan pijat bayi.

Kemudian, setelah anak berusia dua atau tiga bulan, juga bisa diajarkan dengan mengangkat kepala. Selanjutnya pada usia empat bulan, anak bisa diajarkan berputar atau tengkurap.

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan merangkak, berdiri, berlari dan melompat. Semua diajarkan sesuai usianya.

"Dengan begitu orang tua sudah mengajarkan dasar olahraga," ujar Kassandra dalam talkshow  #ANGKAT RAKETMU "Orang Tua Sebagai Inspirasi Anak Untuk Bergerak Aktif" yang diselenggarakan di Cilandak Town Square, Jakarta, Sabtu (1/11).

Barulah setelah usia satu atau dua tahun anak bisa diajarkan menggenggam. Dan diusia tiga atau empat tahun, barulah kenalkan macam-macam olahraga. Orang tua bisa memanfaatkan gambar, video atau televisi. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa dengan olahraga.

"Anak yang terbiasa olahraga atau tahu dasar-dasarnya, anak akan lebih percaya diri dan lebih unggul dari yang lain," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement