Kamis 30 Aug 2012 10:31 WIB

Anak Susah Makan, Ini Dia Penyebabnya

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
Anak susah makan
Foto: droppounds.net
Anak susah makan

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir pasti, setiap orangtua selalu berupaya memberi makanan yang terbaik untuk putra putrinya, apalagi yang masih balita (bawah lima tahun). Bukankah makanan yang baik, kualitas maupun kuantitasnya, sangat dibutuhkan oleh balita untuk tumbuh kembang secara optimal? 

Hanya saja kadangkala si anak sulit sekali melahap makanan yang disediakan untuknya. Orangtuapun 'pusing' dibuatnya. Walau begitu, bukan berarti tak ada jalan keluar. Memang butuh kesabaran. Namun jika Anda punya kemauan kuat untuk mengatasi masalah ini, panduan dari ahli gizi Tuti Soenardi berikut ini mudah-mudahan bisa membantu. 

Menurut Tuti, kondisi sulit makan ternyata bukan semata-mata 'kesalahan' anak. Bahkan kerap kali, justru orangtualah yang membuat anaknya menjadi seperti itu. 

Misalnya saja, orangtua tidak memperkenalkan aneka jenis bahan makanan pada si kecil sejak dini. Menurut Tuti, sejak usia satu tahun si kecil mestinya sudah diperkenalkan pada makanan keluarga yaitu makanan yang disiapkan untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. 

''Tapi tentunya, cara pengolahan untuk makanan si kecil perlu diperhatikan yakni tidak berbumbu tajam dan pedas, juga jenis makanannya harus lunak karena pencernaan balita belum sempurna.'' 

Menurut Tuti, jika pengenalan aneka jenis bahan makanan dilakukan sejak dini, maka saat si anak menginjak usia lebih besar, ia akan lebih mudah menerima variasi makanan keluarga. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, maka bukan hal aneh jika si buah hati menjelma menjadi anak yang susah makan. ''Ia akan menolak karena bosan makan makanan yang itu-itu saja,'' tutur wanita yang wajahnya kerap nongol di layar kaca membawakan acara bertema gizi ini. 

Pemberian porsi susu yang berlebihan, menurut Tuti, juga bisa membuat anak susah makan. Mengapa? Sebab, ia sudah kenyang oleh susu. 

Selain itu, makanan selingan yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab anak sulit makan. Apalagi kalau selingan itu berujud makanan yang rasanya terlalu manis atau asin hingga si anak terangsang untuk terus-terusan minum. Akibatnya, si anak akan merasa kenyang sebelum mengkonsumsi makanan pokoknya. 

Di luar itu semua, susah makan bisa juga disebabkan oleh adanya kelainan dalam organ tubuh, atau ada penyakit tertentu. ''Karena itu, ada baiknya dicek ke dokter mengapa anak susah makan.'' 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement