Selasa 24 Apr 2012 18:48 WIB

Siap-Siap Sambut Festival Lollapalooza 2012

Rep: qommarria rostanti/ Red: M Irwan Ariefyanto
eddie vedder vokalis pearl jam
Foto: ap
eddie vedder vokalis pearl jam

REPUBLIKA.CO.ID,Festival Lollapalooza tahun ini memang baru akan digelar pada 3-5 Agustus 2012. Namun, gaungnya sudah dimulai sejak pekan ini saat line up artis yang akan manggung tahun ini diumumkan.

Tak terasa perjalanan Lollapalooza sebagai sebuah festival musik sudah menginjak tahun ke-20. Sejak zaman kemeja flanel yang ngetrend bagi penggemar grunge, band Soundgarden, Pearl Jam, festival ini telah berkembang sedemikian besar.

Tentu banyak hal sudah berubah, taste para pecinta musik, artis-artis baru yang bermunculan, genre musik yang berkembang dan semua perubahan yang dibawa oleh era internet. Yang jelas dua dasawarsa yang sudah dilalui menjadi bagian tersendiri dalam perjalanan para pecinta musik juga musisinya.

Festival ini lahir bersamaan dengan masa keemasan band-band alternatif, serta saat hip hop mulai melebarkan sayap. Pada waktu yang sama, musik elektronik juga mendapat penggemarnya sendiri.

Melalui berbagai masanya masing-masing, industri musik membuat penanda zamannya sendiri. Satu yang pasti, festival ini sudah memiliki banyak penggemar veteran, serta menarik bagi penggemar-penggemar muda. Semuanya berkumpul untuk satu tujuan yang sama, berkumpul merayakan musik mereka masing-masing.

Festival ini tak bisa dilepaskan dari Perry Farrell, lead singer band rock alternatif Jane's Addiction, yang merencanakan show perpisahan buat bandnya pada 1991. Idenya ini ternyata melahirkan sebuah acara yang tak cuma menyuguhkan musik, tapi juga mengawinkan berbagai budaya dan komunitas yang ada di Amerika. Sebelum zaman internet, mendapatkan semua ini dalam satu tempat bukan hal yang mudah.

Acara yang digelar Farrel ini sukses. Ia bahkan mampu menyatukan performa yang berbeda, juga fans-nya yang punya perbedaan latar belakang. Para penggemar Nine Inch Nail berada dalam satu acara dengan Ice T. Perayaan ini untuk keragaman musik.

Lollapalooza memang sudah berkembang sedemikian rupa. Namun, ada satu hal yang tetap sama. Ini adalah festival untuk fans. Menjadi sebuah acara yang menjadi ikon Kota Chicago. Sejak 2005, festival ini digelar di Grant Park, taman kota terbesar di kota tersebut.

Di area seluas 471 kilometer persegi, belasan panggung serta artis yang sangat beragam. Dari mulai hip hop, elektronk, reggae, indie, rock, dan sebagainya. Hebatnya festival ini juga dikenal karena penyelanggaraannya yang tertib dari tahun ke tahun.

Pengunjung bisa datang dan memarkir sepeda mereka, membeli makanan di pasar dadakan, atau belanja benda-benda seni yang dibuat dengan tangan dan produk daur ulang, dan tentunya menikmati musik.

Line up 2012

Sedikitnya 127 band akan memeriahkan festival kali ini. Tahun lalu, pihak penyelenggara berhasil menjual habis tiket kepada sekitar 90 ribu pecinta musik per hari atau lebih dari 270 ribu tiket untuk tiga hari. Untuk tahun ini, harga tiket dibuka bervariasi mulai dari 200 dolar untuk early bird hingga 230 dolar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa penyanyi yang akan menjadi penampil utama dalam Lollapalooza. Perry Farrel mengaku kebingungan untuk menentukan siapa saja pemusik yang akan menjadi penampil utama (headliners). “Rasanya selalu pusing mengatur daftar line-up ini setiap tahunnya,” ucapnya.

Namun, setelah pertimbangan ini dan itu, akhirnya muncul beberapa nama band yang akan menjadi penampil utama. Red Hot Chili Peppers (RHCP), bersama dengan The Black Keys, serta Florence dan The Machine asal Inggris, akan menjadi headliners di festival musik yang digelar selama tiga hari ini. Tak hanya itu, Black Sabbath, Jack White, dan Sigur Ros, juga dimasukkan dalam daftar headliners. “Daftar ini sangat beragam dan akan terasa sangat mengasyikkan. Saya yakin hasilnya juga akan bagus,” ucap Farrel.

Ini yang ketiga kalinya bagi Red Hot Chili Peppers tampil di Lollapalooza. Sebelumnya, band ini telah hadir di festival pada 1992 dan 2006. Beberapa band juga pernah mengisi acara di Lollapalooza dan ini merupakan kali kedua kunjungan mereka. Di antaranya The Black Keys, Jack White (yang muncul sebelumnya dengan Raconteurs), Mike Snow, Bloc Party, The Temper Trap, dan Roh Delta.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Lollapalooza akan mencampur band-band major label dan dari kalangan indie. Dari luar AS, sejumlah penampil bagus dari Eropa, Chile, juga Australia dan Malaysia. Festival ini juga sekaligus merefleksikan kawasan-kawasan pusat musik AS, seperti Austin, Nashville dan Portland, yang melibatkan beragam genre mulai dari rock, pop, hiphop, rap, hingga electronic/dance.

Grup Bloc Party, Franz Ferdinand, The Afghan Whigs, The Shins, juga mantan kontestan American Idol, Haley Reinhart, ikut masuk dalam daftar kali ini. Sementara seperti diketahui, headliners di tahun-tahun sebelumnya juga memasukkan penampil populer macam Lady Gaga, Green Day, hingga Eminem dan Coldplay. C10/ed: wulan tunjung palupi

Berikut beberapa line up artist yang akan memeriahkan Festival Lollapalooza 2012

-    Red Hot Chili Peppers

-    The Black Keys

-    Black Sabbath

-    Jack White

-    Florence + the Machine

-     At The Drive-In

-    Bassnectar

-    Avicii

-     The Shins

-     Justice

-    Passion Pit

-     Kaskade

-    The Weeknd

-    Sigur Ros

-    Bloc Party

-     Calvin Harris

-     Miike Snow

-     The Afghan Whigs

-    M83

-    Franz Ferdinand

-    Nero

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement