Jumat 11 Oct 2024 18:39 WIB

Laki-Laki Juga Berisiko Kena Kanker Payudara, Kok Bisa? Dokter Jelaskan Penyebabnya

Kanker payudara pada pria biasanya disebabkan kelebihan hormon estrogen.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Pria juga bisa mengalami kanker payudara (ilustrasi). Laki-laki dapat terkena kanker payudara, meskipun jumlah insidennya sangat kecil, sekitar kurang dari satu persen.
Foto: www.freepik.com.
Pria juga bisa mengalami kanker payudara (ilustrasi). Laki-laki dapat terkena kanker payudara, meskipun jumlah insidennya sangat kecil, sekitar kurang dari satu persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker payudara sering kali dikaitkan dengan perempuan. Namun, faktanya, pria juga bisa terkena kanker payudara.

Meskipun jumlah kasusnya jauh lebih sedikit dibandingkan pada wanita, penting bagi kita untuk memahami bahwa penyakit ini tidak hanya menyerang satu jenis kelamin saja. Praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama mengatakan, laki-laki dapat terkena kanker payudara, meskipun jumlah insidennya sangat kecil, sekitar kurang dari satu persen.

Baca Juga

Ngabila mengatakan kanker pada laki-laki biasanya disebabkan oleh hiperestrogenisme, atau kelebihan hormon estrogen, sehingga diberikan obat untuk menekan produksi hormon tersebut. Gejala-gejalanya pun sama dengan kanker payudara pada perempuan, di mana terdapat pembesaran payudara, payudara dan puting yang keras, puting tertarik ke dalam, dan cairan yang keluar dari puting.

"Pembesaran kelenjar getah bening, utamanya di daerah ketiak atau leher ataupun dagu. Dan juga ada berbau, terkadang ada berbau juga di daerah payudara," kata dia pada Jumat (11/10/2024).

Dia menyebutkan tata laksana kanker payudara pada pria pun sama, dimulai dengan melihat keparahannya dengan USG, mamogram, CT scan maupun MRI. Setelah itu, kemudian kemoterapi, radioterapi, pembedahan, dan pengambilan sel tumornya.

"Dan tentunya perlu terus dievaluasi. Karena pasien yang pernah mengalami tumor jinak ataupun tumor ganas pada payudara, itu sangat sering terjadi relapse atau kambuh menjadi tumor kembali," kata dia.

Karena kekambuhan tersebut, ujarnya, para survivor kanker disarankan untuk cek berkala, di mana tiap enam bulan sekali perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG maupun mamografi. Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan bahwa kanker payudara merupakan salah satu kanker yang banyak dan mematikan, dengan prevalensi sebesar 12 persen. Adapun persentase harapan hidup bagi penderita kanker stadium 3 dan 4 hanya 10 persen.

"Sedangkan kalau yang dideteksi di stadium 1 dan 2, itu kebalikannya. Bisa sembuh 80-90 persen," ujarnya.

Persentase harapan hidupnya juga lebih tinggi, katanya, dan biaya terapinya tujuh kali lebih hemat kalau deteksi dilakukan secara dini. Selain deteksi dini, katanya, dia mengingatkan untuk menghindari faktor risiko kanker payudara, seperti dengan mengurangi paparan zat karsinogenik antara lain rokok, mikroplastik, zat pengawet, dan zat kimia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement