Jumat 06 Sep 2024 18:25 WIB

Rekomendasi Film Action Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Berikut ini 5 film action berdasarkan kisah nyata yang bisa jadi alternatif tontonan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Revenant. Ada beberapa film aksi terbaik yang terinspirasi dari kisah nyata.
Foto: Dok. Paramount Pictures
Salah satu adegan di film The Revenant. Ada beberapa film aksi terbaik yang terinspirasi dari kisah nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak film aksi terbaik yang didasarkan pada peristiwa nyata yang memiliki dampak besar bagi penontonnya. Tidak jarang, film yang menggambarkan kisah nyata sering diidentikkan dengan perang, namun pandangan itu telah dibantah dengan kehadiran blockbuster seperti The Revenant hingga 12 Years a Slave.

Berikut lima film aksi berdasarkan kisah nyata yang bisa jadi alternatif tontonan selama akhir pekan, seperti dilansir Screenrant, Jumat (6/9/2024):

Baca Juga

1. 12 Years a Slave (2013)

photo
Salah satu adegan dalam film 12 Years a Slave . - (dailyprincetonian.com)

 

12 Years a Slave adalah film yang sangat berkesan dan seharusnya diajarkan sebagai salah satu pelajaran penting dari 200 tahun terakhir sejarah manusia. Film ini merupakan drama sejarah yang sepenuhnya berdasarkan pada memoar perbudakan Solomon Northup tahun 1853, tentang seorang kulit hitam yang bebas dari New York yang diculik dan dijual sebagai budak pada tahun 1840-an.

Disutradarai oleh Steve McQueen, film ini menggambarkan dengan jelas dan tak kenal ampun terkait kengerian perbudakan, dengan adegan emosional dan fisik yang intens yang didukung oleh aksi laga yang hebat. Penampilan Chiwetel Ejiofor sebagai Solomon Northup sangat memukau, sementara Lupita Nyong'o memenangkan Academy Award sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Patsey. Meskipun terdapat momen-momen kekerasan dan ketegangan, 12 Years a Slave mengajarkan tentang perjuangan bertahan hidup, ketahanan, dan ketidakadilan, menjadikannya sebuah film aksi yang kuat berdasarkan kejadian nyata.

2. Braveheart (1995)

photo
Salah satu adegan di film Braveheart. - (Dok. Paramount Pictures)

 

Dianggap sebagai film aksi yang luar biasa, Braveheart didasarkan pada kisah nyata, meskipun film ini memiliki kebebasan kreatif dari segi keakuratan sejarah. Disutradarai dan dibintangi oleh Mel Gibson, film ini mengisahkan tentang William Wallace, seorang pejuang Skotlandia abad ke-13 yang memimpin Perang Kemerdekaan Skotlandia Pertama melawan kekuasaan Inggris.

Film ini terkenal karena adegan pertempuran epik dan intensitas emosionalnya, menjadikannya salah satu yang menonjol di genre aksi. Namun para sejarawan dan penulis sering kali menyoroti ketidakakuratan seperti hubungan Wallace dengan Putri Isabella dan penggambaran perannya dalam perjuangan Skotlandia untuk merdeka. Meskipun demikian, Braveheart tetap merupakan film aksi yang kuat dan penuh emosi, dengan adegan-adegan ikonik dan penampilan yang tak terlupakan dari Gibson, yang mengukuhkan posisinya sebagai film klasik.

3. The Revenant (2015)

photo
Leonardo DiCaprio sebagai Hugh Kaca dalam film The Revenant - (AP)

 

Disutradarai oleh Alejandro Gonzalez Inarritu, The Revenant adalah film aksi barat yang emosional dan memilukan yang didasarkan pada peristiwa nyata. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai Hugh Glass, seorang penjaga perbatasan di awal abad ke-19, yang setelah diserang beruang dia memulai perjalanan berbahaya untuk bertahan hidup dan membalaskan dendam. Penampilannya di film ini membuat DiCaprio memenangkan Academy Award pada tahun 2016.

The Revenant termasuk adegan serangan beruang yang mencekam serta bentrokan brutal lainnya. Hal yang sangat menonjol dari film ini adalah penggambaran brutal alam yang tanpa henti dan keinginan manusia untuk bertahan dalam masa krisis. Selain itu, sinematografi film ini yang menakjubkan dan arah naturalistic yang imersif menambah ketegangan sepanjang film.

4. Argo (2012)

photo
Ben Affleck sebagai agen operasi CIA, Tony Mendez dalam film yang juga disutradarainya, Argo. - (WARNER BROS)

 

Argo adalah film populer yang didasarkan pada kejadian nyata, memadukan elemen thriller sejarah dengan adegan aksi yang menegangkan. Disutradarai dan dibintangi oleh Ben Affleck, film ini bercerita tentang krisis sandera Iran tahun 1979-1981, dengan fokus pada misi rahasia CIA untuk menyelamatkan enam diplomat Amerika yang terjebak di Teheran.

Menurut memoar Tony Mendez, seorang agen CIA, yang ditulis pada 1999, misi rahasia ini melibatkan penyamaran berbagai kru yang sedang mencari lokasi syuting untuk sebuah film fiksi ilmiah. Kekuatan utama dari “Argo” terletak pada alur ceritanya yang rumit dan intrik politiknya yang justru memperkuat elemen aksinya. Film ini memenangkan Academy Award untuk Best Picture, dengan pujian atas penyutradaraan, akting, dan kemampuannya untuk membuat penonton tetap tegang.

5. The Fighter (2010)

photo
Film The Fighter. - (Dok. Paramount Pictures)

 

Berbeda dari genre aksi pada umumnya, The Fighter adalah drama olahraga yang didasarkan pada kisah nyata tahun 1980-an. Film biografi karya David O Russell ini mengisahkan perjalanan nyata petinju Micky Ward, yang diperankan oleh Mark Wahlberg, dan perjuangannya yang penuh gejolak di dunia tinju dengan bantuan kakak tirinya, Dicky Eklund (diperankan Christian Bale), seorang mantan petinju yang sedang berjuang melawan kecanduan narkoba.

Meskipun film ini tidak menampilkan banyak adegan penuh aksi, namun beberapa adegan yang ada cukup kuat, terutama ketika dipadukan dengan perjuangan emosional dan kekeluargaan The Fighter. Untuk perannya di film ini, Christian Bale berhasil memenangkan Academy Award pada 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement