Kamis 22 Aug 2024 10:36 WIB

Denny Caknan 'Sentil' Food Vlogger Trio Rakus yang Dianggap Hina Kuli Jawa

Food vlogger Trio Rakus akhirnya menghapus video itu dan meminta maaf.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Denny Caknan. Denny Caknan menyentil konten food vlogger Trio Rakus yang dianggap menghina kuli Jawa.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Penyanyi Denny Caknan. Denny Caknan menyentil konten food vlogger Trio Rakus yang dianggap menghina kuli Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyanyi dan pencipta lagu bergenre pop Jawa, Denny Caknan, menyentil food vlogger Trio Rakus terkait candaan soal kuli Jawa. Mereka baru-baru ini menjadi sorotan publik setelah membuat bercandaan terkait kuli Jawa saat mengulas makanan.

Dalam penggalan video di TikTok, Trio Rakus yang terdiri atas tiga member tampak sedang membicarakan terkait kuliner yang mayoritas berasal dari Jawa. “Kenapa bakso itu kebanyakan, bukan cuma bakso ya, kuliner-kuliner itu kebanyakan dari Jawa, dalam arti Jawa itu Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata seorang member Trio Rakus.

Baca Juga

Member lainnya menjawab,"Kuliner kan ada nama depannya yaitu ‘kuli’,” kata member lainnya di Trio Rakus.

Menanggapi hal ini, penyanyi Denny Caknan yang merupakan anak seorang kuli mengatakan bahwa kuli adalah pekerjaan yang mulia dan halal. Karenanya menurut Denny, tidak etis untuk menjadikan kuli Jawa sebagai bahan lawakan.

“Aku sebagai anak kuli merasa bangga. Kuli pekerjaan halal juga mas, bisa tetap menyambung hidup, menyekolahkan anaknya, bisa makan. Alhamdulilah,” kata Denny Caknan dalam unggahannya di TikTok seperti dikutip pada Kamis (22/8/2024).

Setelah banyak yang mengkritisi, Trio Rakus mengunggah video klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf. Mereka mengaku hanya bercanda dan tidak bermaksud untuk menghina suku Jawa dan pekerjaan kuli.

“Assalamuiakum. Kami di sini bermaksud untuk klarifikasi atas beredarnya video ini. Kami sama sekali tidak bermaksud untuk menghina suku atau pekerjaan apapun. Kami tadinya hanya bercanda saja, tanpa kami sadari candaan kami justru membuat beberapa pihak tersinggung. Kami mengakui ini kesalahan ini,” kata Trio Rakus dalam video klarifikasi di Tiktok.

Mereka juga menyampaikan bahwa video yang pertama kali diunggah dua pekan lalu itu telah di-take down. Mereka pun meminta maaf yang sebesar-besarnya untuk pihak yang tersinggung terutama masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Dua minggu lalu, setelah videonya kami posting, dan dihari yang sama videonya telah kami take down juga. Maka dari itu kami ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya untuk para pihak yang tersinggung, khususnya untuk warga Jawa Tengah dan Jawa Timur atas ketidak hati-hatian kami dalam membuat video tersebut. Kami mengakui kesalahan kami, dan ini adalah teguran bagi kami untuk lebih hati-hati lagi ke depannya. Terima kasih,” kata Trio Rakus.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement