Jumat 23 Aug 2024 11:17 WIB

Denny Caknan, Berawal dari Keterbatasan Hingga Jadi Penyanyi Pop Jawa Papan Atas

Lagu Denny Caknan ‘Kartonyono Medot Janji’ ditonton 285 juta kali di Youtube.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Denny Caknan. Denny Caknan memulai karier bermusiknya dengan peralatan sederhana dan terbatas. Kini beberapa lagunya telah didengar hingga ratusan juta kali:
Foto: Pemkab Purbalingga
Denny Caknan. Denny Caknan memulai karier bermusiknya dengan peralatan sederhana dan terbatas. Kini beberapa lagunya telah didengar hingga ratusan juta kali:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Denny Caknan, dengan suara khas dan lirik yang menyentuh hati, telah berhasil memikat jutaan penggemar di Indonesia. Lagu-lagunya yang bertemakan cinta, kehidupan, dan sosial berhasil menembus lintas generasi.

Lebih dari sekadar penyanyi, Denny Caknan juga menjadi fenomena budaya yang berhasil menghidupkan kembali musik koplo dan mengangkatnya ke level yang lebih modern. Keberhasilannya ini tidak hanya membuatnya dikenal di tanah air, tetapi juga membuka jalan bagi musisi-musisi muda lainnya untuk berkarya di genre yang sama.

Baca Juga

Nama Denny Caknan tak asing lagi, terutama bagi para pencipta genre pop Jawa. Pria kelahiran Ngawi yang memulai kariernya di industri musik pada 2019 dengan lagu “Kartonyono Medot Janji” ini sering disebut-sebut sebagai The Next Didi Kempot.

Perjalanan karier bermusik Denny bisa dibilang tidak mudah. Lagu “Kartonyono Medot Janji” lahir dari keterbatasan yang dialami oleh Denny, baik dari segi fasilitas maupun materi.

Proses kreatif dalam menciptakan lagu tersebut dilakukan dengan peralatan sederhana dan seadanya. Namun, keterbatasan tersebut justru memicu Denny untuk menghasilkan karya yang autentik dan menyentuh hati banyak orang.

Denny Caknan juga selalu menulis sendiri semua lagu-lagunya. Seperti halnya Didi Kempot, lagu yang ditulis Denny juga menggunakan bahasa Jawa dengan sedikit menyisipkan kalimat berbahasa Indonesia sebagai pemanis.

Lirik lagu Denny Caknan yang sederhana namun penuh makna menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pendengarnya. Tema-tema yang diangkat dalam lagu-lagunya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga "dekat" dengan pendengar. Selain itu, penggunaan bahasa Jawa yang kental juga membuat lagu-lagunya terasa lebih autentik dan membumi.

Dalam unggahannya di Instagram Denny juga merefleksikan perjalanan hidupnya yang penuh tantangan. Sebelum sukses menjadi musisi, Denny mengaku pernah bekerja menjadi tukang kebun, di mana itu merupakan momen terendah dalam hidupnya.

"Lahir, dewasa dan berjuang di tempat dan lingkungan yang sama, membuat perjuangan ini seolah dulu sangat berat, Dituntut untuk sanggup melawan arus untuk sesuatu yang mungkin hanya kita saja yang mampu gila dalam bermimpi. Nikmati prosesmu dan percayalah motivator terbaik mu adalah dirimu sendiri. Terima kasih atas seluruh pelajaran hidup yg kau berikan Tuhan," ujar Denny dalam akun Instagram pribadinya.

Hingga saat ini, ada banyak lagu yang telah dirilis oleh Denny Caknan dan mendapat sambutan hangat dari penggemar musik. Beberapa lagunya yang kini telah diputar ratusa  juta kali di YouTube misalnya “Los Dol” dilihat 150 juta kali dan “Kartonyono Medot Janji” diputar hingga 285 juta kali.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement