Rabu 24 Apr 2024 05:01 WIB

Orang yang Sering Begadang Cenderung Terbiasa Hidup tak Sehat

Orang yang suka begadang punya risiko tinggi untuk kena diabetes.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan mengalami insomnia (Ilustrasi). Sering begadang berdampak buruk pada kesehatan.
Foto: Republika/Wihdan
Perempuan mengalami insomnia (Ilustrasi). Sering begadang berdampak buruk pada kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa penuh energi sampai larut malam hingga membuat sering begadang berpotensi buruk terhadap kesehatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering terjaga hingga larut alias night owl berisiko memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Penelitian oleh tim di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School di AS itu menyebutkan bahwa orang yang hobi begadang memiliki kemungkinan 54 persen lebih besar untuk melakukan kebiasaan gaya hidup tidak sehat. Hal itu ditinjau dari pola makan, olahraga, merokok, asupan alkohol, dan kebiasaan tidur.

Baca Juga

"Orang yang suka tidur larut malam secara konsisten ditemukan memiliki pola merokok, minum berlebihan, kurang tidur atau kurang berolahraga, dan pola makan yang buruk," ujar penulis utama studi, Sina Kianersi, dikutip dari laman Fortune, Selasa (23/4/2024).

photo
Tips buat yang lagi susah tidur. - (Republika)

Menurut Kianersi, pola itu terlihat konsisten. Hasil temuan didapat para peneliti setelah mengamati lebih dari 63 ribu perawat berusia 45 hingga 62 tahun selama sekitar delapan tahun, tepatnya sejak 2009. Para peserta diketahui tidak memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement