Sabtu 25 Nov 2023 14:06 WIB

Cerita Nycta Gina yang tak Lagi Begadang dan Hobi Olahraga

Nycta rutin berolahraga bahkan hingga tiga sampai empat kali dalam sepekan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Walau pandemi Covid 19 sudah berakhir, Nycta Gina tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) untuk dirinya dan keluarga.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Walau pandemi Covid 19 sudah berakhir, Nycta Gina tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) untuk dirinya dan keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Sebagai figur publik, Nycta Gina harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya agar sehat dan bugar. Banyak hal sederhana yang ia lakukan, salah satunya adalah menjaga pola tidur yang sehat. 

"Kadang orang mikir tidur jam 10, sudah kayak bayi. Tapi ternyata aku merasakan banget khasiat dari tidur benar waktunya tepat itu, untuk kesehatan itu, bagus banget," ujarnya saat ditemui dalam acara kanker di Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga

Oleh karena itu, ia dan suami, Kinos, sudah mulai mengurangi waktu begadang. Mereka sepakat untuk tidak tidur tengah malam  lagi. "Jam 10, jam 11 paling banter kita sudah harus tidur," ujarnya.

Karena menurutnya istirahat yang cukup ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dirinya dan keluarga. 

 

Selain itu, Nycta juga melakukan berbagai upaya sederhana demi mencapai kesehatan. "Karena sekolah di medis, seharusnya kesadaran tentang kesehatan sudah aku tanamkan dikeluarkan aku. Tapi namanya juga manusia biasa ada kalanya lengah, khilaf," ujar Nycta.

Nycta juga mengaku rajin berolahraga. Ia rutin melakukannya seminggu tiga sampai empat kali. "Kebetulan suami aku orangnya olahraga banget. Jadi terpacu juga sama beliau, makanya cari pasangan yang bisa membawa ke arah yang baik," ujarnya.

Selain olahraga, ia juga menjaga pola makan. "Karena umur juga mulai banyak, yang penting makan tidak berlebihan, diatur porsinya sesekali mau jajan-jajan yang kurang sehat, asal tahu diri, habis itu balik lagi ke jalurnya. Seperti itu," tambahnya.

Lewat pola hidup sederhana dan terkesan sepele itu, ia berharap bisa membawa berdampak besar ke dalam kehidupan berikutnya. 

Nycta Gina juga menerapkan pola hidup sehat lainnya, yaitu melarang orang merokok di rumah dan kantornya. "Aku termasuk anak lemah sekali dengan asap rokok. Papa aku perokok. Dulu ketika papa merokok, papa tidak pernah merokok depan aku. Aku ketemu asap rokok, kepala aku pusing migrain, jadi aku menghindari sekali," ujarnya.

Oleh karena itu, ia selalu menjaga dirinya dari asap rokok. Hal yang ia lakukan di antaranya membuat aturan tidak boleh merokok di rumah dan kantornya. "Aku tidak bersahabat dengan asap rokok," ujarnya.

Selain itu, walau pandemi Covid 19 sudah berakhir, Nycta tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) untuk dirinya dan keluarga. "Sekarang lebih kaya prokes yang baik, PHBS yang ditanamkan ketika pandemi. Sekarang leluasa tapi saat di kerumunan masih takut. Keluarga pakai masker, cuci tangan, mandi, minum vitamin. Air putih yang cukup," ujarnya. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement