Sabtu 25 Nov 2023 01:09 WIB

Musim Hujan, Ini Cara Ampuh Jemur Baju di Dalam Rumah Agar tak Apek

Beberapa pakaian sebaiknya tak dijemur langsung di tiang jemuran, tapi pakai hanger.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Seoranh wanita mencuci baju (ilustrasi). Memasuki musim hujan, ada beberapa tips mengeringkan baju di dalam rumah.
Foto: Mgrol101
Seoranh wanita mencuci baju (ilustrasi). Memasuki musim hujan, ada beberapa tips mengeringkan baju di dalam rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 

Menjemur pakaian di musim hujan dapat menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Selain minimnya pancaran sinar matahari, hujan juga bisa turun kapan saja dan membasahi baju yang sedang dijemur di ruang terbuka yang ada di area rumah.



Dalam kondisi seperti ini, menjemur pakaian di dalam rumah bisa menjadi salah satu solusi yang membantu. Akan tetapi, menjemur pakaian di dalam rumah harus dilakukan dengan metode yang tepat agar baju tidak berbau apek saat sudah kering.



Baca Juga

"Inti dari pengeringan pakaian adalah proses penguapan," tutur building expert dari Halton Stairlifts, George Fired, seperti dilansir Express pada Jumat (24/11/2023).



Faktor terpenting yang perlu diperhatikan bila ingin menjemur pakaian di dalam rumah adalah aliran udara. Area menjemur pakaian di dalam rumah harus memiliki aliran udara yang baik.



 

Aliran udara yang buruk hanya akan meningkatkan kelembapan di area ruangan tempat menjemur pakaian. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat mempersulit proses pengeringan pakaian saat dijemur di dalam rumah.

 "(Kelembapan yang tinggi) dapat memicu terjadinya sejumlah potensi masalah seperti bertumbuhnya jamur," kata Fired.



Menurut Fired, salah satu area di dalam rumah yang memiliki aliran udara baik adalah area yang memiliki jendela terbuka. Area lain yang dapat menjadi opsi adalah area yang terletak dekat dengan kipas angin. 



Faktor penting lain yang perlu diperhatikan bila ingin menjemur pakaian di dalam rumah adalah jemuran. Pastikan tiap pakaian dijemur dengan jarak yang cukup lebar dengan pakaian lainnya. Pilih rak untuk menjemur yang bisa menunjang hal tersebut.



"Di ruangan yang sangat lembap atau dingin, gunakan dehumidifier atau penghangat yang bisa mempercepat proses pengeringan," kata Fired.



Beberapa jenis pakaian juga sebaiknya tidak ditaruh langsung di tiang jemuran, melainkan digantung dengan hanger. Beberapa contohnya adalah kaus atau kain berbahan tebal.

Posisikan pula pakaian berbahan berat di bagian atas, dan pakaian berbahan ringan di bagian bawah jemuran.

 Hindari pula menaruh jemuran terlalu dekat dengan sumber panas, seperti penghangat ruangan. Posisi yang terlalu dekat bisa memicu kerusakan pada bahan pakaian. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement