Jumat 19 Apr 2024 15:44 WIB

Warga Inggris Diserukan Jangan Makan Es Krim Magnum Almond Batch Tertentu, Ada Apa?

Food Standard Agency memperingatkan es krim Magnum tersebut tak aman untuk dimakan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Es krim Magnum Almond dengan batch tertentu telah ditarik dari peredaran di Inggris karena dikhawatirkan terkontaminasi serpihan logam dan plastik.
Foto:

Kandungan logam pada makanan dapat menyebabkan cedera dan bahaya tersedak, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tersedak terjadi ketika saluran napas tiba-tiba tersumbat, baik sebagian atau seluruhnya, namun cukup membuat pernapasan terhambat.

Jika saluran udara orang dewasa tersumbat, mereka mungkin dapat mengatasinya sendiri. Namun, jika batuk tidak menyelesaikan masalah, pukulan ke punggung dan dorongan ke perut dapat membantu.

Jika cara ini tidak berhasil, segera datangi rumah sakit. National Health Service di Inggris memperingatkan bahwa tidak boleh memberikan dorongan perut kepada bayi di bawah satu tahun atau ibu hamil.

Dikutip dari laman Mirror UK, produk dapat ditarik dari peredaran karena berbagai alasan, termasuk keamanan pangan, yakni jika produk menunjukkan risiko bagi pelanggan misalnya ada kontaminasi patogen, plastik, logam, maupun alergen. Produk juga bisa di-recall jika ada masalah dengan kualitasnya, yakni ketika produk tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Di Inggris, Food Standards Agency akan mengeluarkan peringatan ketika ada masalah dengan makanan. Produk tersebut dapat "diturunkan dari rak pajang" (withdrawn) atau "ditarik dari peredaran" (recall)".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement