Rabu 03 Apr 2024 10:52 WIB

Adegan Jackie Chan Paling Bahaya Sekaligus Terkeren di Film, Anti Pakai Stuntman

Jackie Chan menghadirkan banyak aksi keren di filmnya tanpa pemeran pengganti.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan berbahaya sekaligus terbaik yang dilakukan Jackien Chan di film.
Foto: Dok. Golden Harvest
Salah satu adegan berbahaya sekaligus terbaik yang dilakukan Jackien Chan di film.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jackie Chan dikenal sebagai aktor laga sekaligus ahli seni bela diri yang dikenal "anti" memakai stuntman atau pemeran pengganti. Dia menghadirkan banyak aksi memukau yang selalu membuat penonton berdecak kagum di film-filmnya. 

Chan sendiri adalah seorang stuntman pada masa-masa awal kariernya pada tahun 1970-an. Hingga dia menjadi superstar internasional, Chan masih konsisten melakukan aksi laga, bahkan semakin mendorong batas-batas dengan apa yang dia lakukan.

Baca Juga

Berbagai adegan aksinya melibatkan koreografi yang rumit, waktu yang tepat, elemen risiko yang membangun ketegangan penonton, sekaligus humor. Berikut lima aksi paling keren yang pernah ditampilkan Chan dalam film, dikutip dari laman ScreenRant, Rabu (3/4/2024):

1. Meluncur di tiang pada Police Story (1985)

 

Adegan Chan meluncur di tiang dalam film ini adalah mahakarya sinema laga. Aksi itu begitu berani dan memukau secara visual sehingga mustahil untuk dilupakan. Chan tak peduli meski menderita luka bakar tingkat dua saat meluncur dan panggulnya terkilir saat terkena benturan. 

Karakter Chan, Ka-Kui, awalnya melompat ke eskalator ketika ada pertarungan di pusat perbelanjaan. Dia kemudian meraih tiang yang dikelilingi lampu dan mulai meluncur ke bawah. Tidak hanya itu, ketika Ka-Kui akhirnya mencapai dasar, tubuhnya kemudian menabrak kaca.  

2. Melompat ke bus di Police Story 2 (1988)

Masih tentang Ka-Kui, di sekuel ini dia mengejar penjahat dengan melompat ke kendaraan yang sedang bergerak. Pertama, dia melompat ke atas truk, lalu ke atas bus tingkat yang juga sedang berjalan. Klimaksnya, Ka-Kui melompat dari bus ke jendela kaca sebuah gedung. 

Pada kredit akhir film, terungkap bahwa Chan secara tidak sengaja melompat melalui jendela yang salah selama pembuatan film sehingga mengalami cedera. Fakta di balik layar ini menggarisbawahi keaslian penampilan Chan dan risiko yang rela dia ambil untuk aksinya.

3. Terjun ke balon udara di Armour of God (1986) 

Tokoh Jackie yang diperankan Chan di film ini melompat dari tebing yang sangat tinggi ke balon udara yang bergerak. Setelah aksi terjun yang mendebarkan, dia berhasil mendarat di bagian atas balon yang memiliki penumpang itu, lalu memasang kait di talinya dan turun.

Hal yang sangat mengesankan adalah sebelum itu Chan belum pernah melakukan base jump, yakni olahraga rekreasi melompat dari benda tetap dan menggunakan parasut. Kali ini, Chan berhasil menghindari cedera serius dan tentunya sukses membuat penonton tegang.

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement