Senin 01 Apr 2024 13:18 WIB

Hotel Bintang 6 tak akan Ada di Eropa, Kenapa?

Hotel termewah di Eropa berbintang lima.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Hotel Fairmont Jakarta termasuk salah satu hotel bintang lima. Ada klasifikasi umum untuk menilai hotel berbintang.
Foto:

Negara-negara anggota HOTREC telah sepakat untuk mengklasifikasikan hotel mereka secara eksklusif dalam skala bintang lima yang telah ditetapkan. Luthe skeptis terhadap klaim hotel yang memiliki bintang enam atau tujuh, dengan menganggapnya sebagai bentuk "iklan" semata.

Kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah hotel agar layak mendapat bintang lima pun sangat ketat. Mayoritas kamar tidur harus sangat luas, semua hidangan makan malam harus disajikan kepada tamu di meja, dan fasilitas tambahan seperti spa dan suite mewah permanen juga harus tersedia.

Luthe memperingatkan wisatawan bahwa klaim hotel mengenai peringkat bintang di atas lima tidak didasarkan pada katalog resmi dan dapat membahayakan keamanan konsumen. Jika sebuah hotel mengeklaim memiliki peringkat yang tidak diberikan secara resmi, mereka akan diminta untuk menghapusnya klaim itu.

Jika menolak, pengelola hotel akan dilaporkan ke badan perdagangan dan perlindungan konsumen terkait. Dengan demikian, Luthe menegaskan sistem HOTREC adalah salah satu kriteria utama dalam memilih hotel, karena hotel bintang tetap menjadi salah satu filter pencarian yang paling sering digunakan di portal pemesanan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement