Sabtu 21 Oct 2023 17:57 WIB

Bukittinggi Kini Miliki Hotel Bintang Lima Pertama

Hotel di Bukittinggi ini miliki pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Indira Rezkisari
The Balcone Suites & Resort, Bintang 5 Pertama di Bukittinggi Diresmikan.
Foto: Republika/Febrian Fachri
The Balcone Suites & Resort, Bintang 5 Pertama di Bukittinggi Diresmikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Bukittinggi salah satu kota wisata terfavorit di Provinsi Sumatra Barat, kini memiliki hotel bintang 5, yakni The Balcone Suites & Resort. Hotel yang terletak di Jalan Raya Padang-Medan ini diluncurkan, Jumat (20/10/2023).

General Manager The Balcone Suites & Resort, Indra Wibowo, mengatakan The Balcone Suites & Resort dapat menjadi opsi bagi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara untuk menikmati suasana alam di Bukittinggi dan Kabupaten Agam. "Dengan bangga kami dapat membuka properti hotel dengan fasilitas bintang 5 pertama di Sumatera Barat, kawasan hotel yang memberikan pemandangan yang memanjakan mata pengunjung. Hotel yang memiliki konsep luxury, sangat cocok untuk para pelancong dan pebisnis untuk melakukan liburan ataupun pertemuan dengan nyaman, dilengkapi dengan fasilitas mewah dan pemandangan yang menakjubkan," kata Indra.

Baca Juga

Indra menjelaskan hotel ini berlokasi 5 kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Ia menyebut The Balcone Suites & Resort menciptakan terobosan baru dengan memberikan pengalaman tak tertandingi bagi pelancong dari seluruh dunia. Berbeda dengan konsep hunian lain di Bukittinggi, The Balcone Suites & Resort memiliki fasilitas outbond yang luas serta pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Director of Sales and Marketing The Balcone Suites & Resort, Aguswandi, mengatakan target pasar utama dari hotel ini adalah wisatawan dari provinsi tetangga yakni Jambi dan Riau. Karena mereka melihat selama ini Bukittinggi termasuk salah satu kota wisata favorit masyarakat dari dua provinsi tersebut. Aguswandi menyebut mereka menyediakan fasilitas outbound dan fasilitas 4 buah kolam renang untuk menggaet perusahaan-perusahaan besar yang ada di Riau dan Jambi untuk mengadakan family gathering.

 

"Sebelum kami launching, tamu-tamu dari luar Sumbar itu kebanyakan dari Jambi dan Riau. Karena Bukittinggi ini masih favorit kalau di Sumbar," ucap Aguswandi.

Sedangkan target pasar internasional mereka adalah Malaysia. Karena selain ada keterkaitan antara Malaysia dengan Minangkabau, Malaysia juga punya penerbagan langsung dari Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Ada juga sih yang datang dari Thailand dan negara Asean lainnya. Tapi masuknya melalui Malaysia karena ada direct flight," kata Aguswandi.

Agus menambahkan selain fasilitas bintang 5, The Balcone Suites & Resort juga akan menyajikan suasana tradisional dan sajian budaya lokal. Seperti kuliner khas minang, serta atraksi budaya Minangkabau untuk menghibur tamu-tamu yang datang ke The Balcone Suites & Resort. "Kalau ada yang ingin makan makanan luar, kami juga punya menu khas Jepang, Korea dan Western," kata Aguswandi menambahkan.

Sebagai bentuk kontribusi kepada daerah, The Balcone Suites & Resort, menurut Aguswandi mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal. Saat ini di The Balcone Suites & Resort ada 200 tenaga kerja yang 70 persen adalah warga Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Selain itu, pada hari-hari tertentu, mereka juga memakai jasa masyarakat lokal untuk tenaga harian. Misal ketika mengadakan acara besar, tenaga tambahan yang mereka pakai kata Aguswandi adalah masyarakat sekitar.  

"Selain menyumbang PAD, kami jugua menyerap tenaga lokal dan juga membantu memasarkan produk UMKM lokal," kata Aguswandi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement