Jumat 15 Mar 2024 23:40 WIB

Rajin Pakai Pelembap, Jangan Sering-Sering Eksfoliasi Kulit Selama Bulan Puasa

Pelembap berfungsi menjaga kulit agar tidak mengalami hidrasi.

Perempuan melihat produk perawatan wajah (Ilustrasi). Selama bulan puasa, sebaiknya rajin memakai pelembap.
Foto: Prayogi/Republika
Perempuan melihat produk perawatan wajah (Ilustrasi). Selama bulan puasa, sebaiknya rajin memakai pelembap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam perlu rajin menggunakan pelembap (moisturizer) ketika menjalankan ibadah puasa. Ini penting untuk menjaga kelembapan lapisan kulit tubuh.

"Yang wajib dipakai ketika waktu puasa tentu saja moisturizer, itu harus lebih sering, apalagi tiap habis sholat. Habis wudhu terus itu akan terhapus, harus pakai moisturizer lagi, itu wajib apalagi itu gampang dilakukan," kata dokter estetik sekaligus edukator kecantikan Abelina D. Fitria dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Abelina menuturkan pelembap berfungsi menjaga kulit agar tidak mengalami hidrasi. Ketika berpuasa, utamanya, orang kemungkinan tidak dapat memenuhi jumlah konsumsi air sebanyak dua liter per hari.

Selain itu, Abelina menganjurkan untuk tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering saat berpuasa karena dampaknya yang akan membuat kulit jauh lebih kering. Sebaiknya, esfoliasi hanya dilakukan sekali atau dua kali dalam sepekan atau menggantinya dengan gentle pad.

Kelembapan kulit juga bisa dijaga dengan menggunakan tabir surya, menggunakan topi, payung, atau menghindari sinar matahari karena mengandung sinar UV. Tabir surya pun disarankan tetap dipakai ketika beraktivitas di dalam ruangan.

"Kalau tidak mau pakai sunscreen yang penting hindari matahari. Terus kalau misalnya di dalam ruang juga tetap harus pakai sunscreen soalnya UV itu tidak kelihatan itu. UV itu gelombang dan bisa masuk lewat jendela," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement