Rabu 02 Aug 2023 23:55 WIB

Ini Pentingnya Pakai Pelembap Sebelum Aplikasikan Vitamin C

Gunakan pelembap sebelum memakai produk perawatan kulit berbahan aktif.

Perempuan melihat aneka skincare-nya. Pakai pelembap terlebih dulu sebelum mengaplikasikan skincare berbahan aktif, seperti vitamin C.
Foto: Prayogi/Republika
Perempuan melihat aneka skincare-nya. Pakai pelembap terlebih dulu sebelum mengaplikasikan skincare berbahan aktif, seperti vitamin C.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar dermatologi yang berpraktik di Rumah Sakit Pusat Pertamina Danar Wicaksono menyarankan agar memakai pelembap sebelum mengoleskan produk perawatan kulit berbahan aktif, semisal vitamin C. Itu penting untuk mengurangi risiko kulit sensitif.

"Karena kulit yang lembap itu membantu kita memerangi efek iritasi atau alergi suatu skincare," kata Danar dalam sebuah acara kesehatan di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga

Danar lalu membahas tentang kemungkinan seseorang mengalami gatal-gatal pada kulit setelah menggunakan bahan aktif yakni vitamin C. Menurut dia, penyebab gatal bukan semata karena vitamin C melainkan akibat bahan pembawa dalam produk.

"Jadi kita identifikasi dulu, mana penyebab gatalnya. Penyebab gatal bukan hanya karena bahan aktifnya saja seperti vitamin C atau retinol, tetapi ada kemungkinan kita mengalami kontak alergi atau iritan dari bahan pembawanya," jelas dia.

Danar menjelaskan reaksi gatal setelah pemakaian suatu produk perawatan kulit atau sesuatu yang dioleskan ke tubuh disebut sebagai kontak iritan atau kontak alergi.

"Kalau misalnya kita pakai lalu gatal-gatal, tetapi saat kita tinggalkan itu biasanya iritasi sifatnya. Kalau misalnya kontak alergi itu walaupun sudah tidak dipakai masih gatal," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement