Selasa 27 Feb 2024 00:10 WIB

Susah Disiplinkan Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu, 10 Trik Ini Bisa Membantu Anda

Anak sangat perlu memiliki waktu tidur malam yang cukup dan berkualitas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak balita sedang tidur (ilustrasi). Memiliki rutinitas sebelum tidur memastikan anak-anak mengetahui waktu tidur akan segera tiba.
Foto: Republika/M Syakir
Anak balita sedang tidur (ilustrasi). Memiliki rutinitas sebelum tidur memastikan anak-anak mengetahui waktu tidur akan segera tiba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang tua merasa kesulitan untuk mendisiplinkan waktu tidur anak. Padahal, anak sangat perlu memiliki waktu tidur malam yang cukup dan berkualitas. Berikut sejumlah tips dari pakar yang bisa dicoba, dikutip dari laman The Sun, Senin (26/2/2024).

 

Baca Juga

1. Mulailah secepatnya

Pakar tidur dari Silentnight, Hannah Shore, menyarankan orang tua memperkenalkan rutinitas tidur sejak dini. Pembiasaan terus-menerus juga perlu dilakukan. Menurut Shore, periode rata-rata agar rutinitas tidur dapat dipertahankan anak usia sekolah adalah sembilan hari.

 

"Tubuh anak Anda akan mulai memproduksi bahan kimia yang diperlukan dan hormon yang mendorong tidur pada waktu yang tepat, sehingga memudahkan mereka untuk tertidur dan bangun untuk berangkat sekolah," ungkap Shore.

2. Ketahui berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan anak

Shore menyampaikan, orang tua sering lupa bahwa anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu tidur dibandingkan orang dewasa. Jika rata-rata orang dewasa butuh tidur selama tujuh jam, anak sekolah dasar membutuhkan sekitar 10 jam tidur per malam.

3. Pembiasaan bertahap

Psikolog Lindsay Browning menganjurkan orang tua melakukan pembiasaan tidur untuk anak secara bertahap. Ahli saraf dan pakar tidur di And So To Bed itu berpendapat orang tua tidak perlu secara drastis langsung meminta anak disiplin tidur.

Dia merekomendasikan untuk mengubah waktu tidur dan bangun sekitar 15 hingga 20 menit per hari hingga mendapatkan waktu tidur ideal untuk anak. "Pastikan Anda mengubah waktu tidur dan waktu bangun mereka dengan jumlah yang sama," kata Browning.

4. Rutinitas jelang tidur

Memiliki rutinitas sebelum tidur memastikan anak-anak mengetahui waktu tidur akan segera tiba. Browning mencontohkan, orang tua bisa mengajak anak melakukan hal menenangkan seperti membaca atau menggambar, serta berganti piyama dan menyikat gigi sebelum tidur.

5. Kelola penggunaan teknologi

Idealnya, setop akses gawai setidaknya satu jam sebelum memasuki waktu tidur anak. Namun, jika anak bersikeras memakai ponsel, berikan pemahaman dengan baik tanpa perlu menjadi emosional. Cara lain, orang tua bisa menyetel pengaturan perangkat menjadi nonaktif menjelang waktu tidur malam.

6. Penataan kamar tidur

Rancang isyarat agar otak anak tahu sudah waktunya bersiap-siap tidur. Penataan kamar tidur seperti meredupkan lampu atau penyesuaian suhu sangay penting supaya anak merasa nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak hingga pagi tiba.

7. Bersikap fleksibel

Tidak ada gunanya mengikuti rutinitas tidur secara ketat jika hal itu ternyata tidak berhasil untuk anak. Pakar menyarankan orang tua tidak berlebihan dalam menerapkan peraturan dan bersikap fleksibel. Buat perubahan kecil untuk melihat apakah rutinitas tersebut berhasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement