Jumat 23 Feb 2024 04:02 WIB

Jempol Kaki Membesar, Luka tak Kunjung Sembuh, atau Jari Kaki Dingin, Pertanda Sakit Apa?

Jari kaki dapat berfungsi sebagai indikator masalah kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jari kaki (ilustrasi). Jari kaki dapat berfungsi sebagai indikator masalah kesehatan karena sifat pembuluh darahnya.
Foto:

7. Pembengkakan

Ada banyak kemungkinan penyebab bengkak pada jari kaki. Salah satu pemicu yang cukup umum adalah dehidrasi. Kadar cairan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan jari kaki membengkak karena tubuh menahan natrium untuk menjaga keseimbangan air.

8. Hilangnya rambut di jari kaki

Jika seseorang mendapati rambut di jari kakinya mendadak hilang, itu bisa menjadi tanda adanya gangguan peredaran darah. Ada timbunan lemak di arteri sehingga mengganggu suplai darah ke jari kaki, dan menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut tidak mencukupi.

9. Tonjolan di jempol kaki

Kaki setiap orang bisa terlihat berbeda dan variasi itu ridak perlu dikhawatirkan. Namun, jika terlihat ada benjolan atau tonjolan tulang yang terbentuk di bagian dalam kaki dekat jempol kaki, mungkin itu tanda ketidaksejajaran sendi, yang perlu segera ditangani.

10. Kuku melengkung ke arah kulit

Kondisi kuku jari kaki yang melengkung ke arah dalam atau ke arah kulit merupakan tanda pertumbuhan kuku ke dalam. Meski umum terjadi, kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Penanganan rumahan bisa untuk meredakan nyeri, tapi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis penyakit kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement