Kamis 22 Feb 2024 17:08 WIB

Kebiasaan Makan dan Minum yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Menyikat gigi dua kali sehari saja belum cukup untuk jaga kesehatan gigi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pembersihan karang gigi (ilustrasi). Makanan dan minuman tertentu baik untuk kesehatan gigi.
Foto: Freepik
Pembersihan karang gigi (ilustrasi). Makanan dan minuman tertentu baik untuk kesehatan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak cukup hanya dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari serta melakukan flossing. Kebiasaan makan dan minum yang baik juga berguna untuk meningkatkan kesehatan mulut secara menyeluruh.

Ada beberapa kebiasaan makan yang direkomendasikan oleh Kepala Penelitian & Inovasi di ICPA Health Products Ltd, Rajeev Chitguppi. Pertama, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan gusi.

Baca Juga

"Menyantap jenis makanan ini membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur yang berfungsi sebagai pelindung alami terhadap masalah gigi berlubang dan gusi," kata Chitguppi, dikutip dari laman Times of India, Kamis (22/2/2024).

Selain itu, susu, keju, dan yogurt perlu sering dikonsumsi, sebab memiliki kalsium dan fosfat yang membantu gigi pulih dari serangan makanan lain. Produk susu itu juga membantu membangun enamel gigi, yang bertindak seperti pelindung gigi.

 

Saran lain dari Chitguppi ialah mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk meningkatkan kesehatan usus dan melindungi dari penyakit kronis, seperti diabetes tipe dua, yang diketahui memengaruhi kesehatan mulut. Bisa juga dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan guna meminimalkan kerusakan gigi.  

"Permen karet tanpa gula menghasilkan air liur yang mengandung senyawa alami yang diketahui dapat melindungi gigi dan gusi. Air liur juga mencegah bau mulut dengan membuat mulut basah," tutur Chitguppi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement