Kamis 22 Feb 2024 14:35 WIB

Sariawan Lebih dari Dua Pekan, Ada Benjolan di Mulut, Apakah Pasti Kanker?

Jangan abaikan jika sariawan tidak sembuh setelah dua pekan.

Seorang pria menjulurkan lidahnya. Sariawan bisa jadi merupakan gejala awal sebelum tumbuhnya benjolan tumor atau kanker pada bagian mulut.
Foto:

Selain mewaspadai lesi yang menyerupai sariawan, dr Indra juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya benjolan yang terletak di mulut. Salah satunya, pada bagian amandel, yang berbentuk seperti benjolan yang berada di kedua sisi (kiri dan kanan) dari orofaring (belakang tenggorokan), bukan struktur seperti samsak tinju yang selama ini dipahami kebanyakan orang.

Dokter Indra mengatakan jika masyarakat merasa amandelnya besar sebelah, merasa tersumbat lehernya, serta berubah suaranya, agar langsung memeriksakan dirinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

"Sudah pasti tuh, kalau ada benjolan atau sesuatu yang akan membuat tersumbat di saluran makan atau saluran napasnya, maka harus segera datang (ke dokter). Nah, apalagi ada pendarahan atau mungkin ludah bercampur darah yang terus-menerus," ujarnya.

Untuk itu, dr Indra mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga hidup sehat dengan memakan makanan sehat, rutin berolahraga, serta tidak merokok baik rokok konvensional maupun elektrik. Ini penting agar terhindar dari risiko kanker mulut dan kerongkongan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement