Rabu 05 Jul 2023 21:32 WIB

Tak Kunjung Membaik, 4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Awal Kanker

Beberapa jenis kanker tidak memunculkan gejala hingga stadium lanjut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Batuk yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi gejala kanker paru.
Foto: Pixabay
Batuk yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi gejala kanker paru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendeteksi kanker lebih dini dapat membuat peluang keberhasilan pengobatan menjadi lebih baik. Hanya saja, kasus kanker sering kali terlambat terdeteksi.

Salah satu hal yang kerap memicu keterlambatan tersebut adalah minimnya gejala kanker yang muncul pada stadium awal. Pada beberapa jenis kanker, gejala bahkan baru akan muncul setelah kanker berkembang ke stadium lanjut.

Baca Juga

Meski begitu, ada beberapa tanda yang bisa muncul saat kanker masih berada dalam stadium awal. Mewaspadai tanda-tanda tersebut dapat membantu pasien kanker mendapatkan diagnosis dan pengobatan lebih awal.

Menurut Cancer Research UK, ada empat gejala yang bisa menjadi pertanda awal kanker. Keempat gejala ini umumnya muncul secara terus-menerus dan tak kunjung membaik. Berikut ini adalah keempat gejala tersebut:

1. Sariawan di mulut atau lidah yang tak kunjung sembuh

Sariawan di mulut atau lidah yang tak membaik dalam waktu tiga pekan perlu diperiksakan ke dokter. Alasannya, sariawan tersebut mungkin berkaitan dengan kanker mulut atau kanker orofaringeal.

Menurut Cancer Research UK, sariawan memang tak selalu berkaitan dengan kanker. Akan tetapi, sariawan yang normal biasanya akan membaik dalam kurun waktu dua pekan.

2. Batuk yang menetap

Batuk merupakan gejala yang umum ditemukan pada beragam penyakit, termasuk pilek. Akan tetapi, batuk yang tak kunjung sembuh atau justru memburuk setelah beberapa pekan perlu diwaspadai.

Alasannya, batuk yang terjadi mungkin berkaitan dengan kanker paru. Pada kasus kanker paru, gejala batuk kerap disertai dengan suara yang serak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement